6 Nutrisi Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya

  • Bagikan
Nutrisi Ibu Hamil
Gambar oleh marcellabtait dari Pixabay

Di masa kehamilan, nutrisi ibu hamil haruslah diperhatikan dengan baik. Selain memenuhi dengan asupan zat gizi, nutrisi harian juga haruslah dimaksimalkan dalam upaya tumbuh kembang bayi di dalam kandungan agar tetap sehat hingga bayi lahir ke dunia ini.

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil. Berikut adalah beberapa nutrisi tersebut beserta dengan rekomendasi makanan yang perlu untuk dikonsumsi.

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil
Gambar oleh Son Nguyen dari Pixabay

Coba perhatikan dibawah ini kandungan nutrisi yang perlu bunda ketahui

Nutrisi Ibu Hamil

1. Asam Folat

Yang pertama ada Asam folat menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting untuk membentuk sel otak. Asam folat inilah yang nantinya akan mendukung untuk kecerdasan anak setelah lahir.

Bahkan di dalam suatu penelitian menyatakan bahwa seorang ibu yang mengkonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, maka mampu untuk meminimalkan risiko terjadinya autis hingga 40%.

Baca Juga : Apakah Sudah Siap Bun, Sudah Trimester Ketiga Nih!

Asam folat juga bisa untuk mencegah terjadinya anemia, keguguran, dan preeklamsia. Makanan yang mengandung asam folat ini sangatlah banyak, seperti brokoli, bayam, kubis, pepaya, jeruk, alpukat, kacang-kacangan, telur, dan hati sapi.

2. Zat Besi

Selain asam folat, selain itu juga ada zat besi juga menjadi nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil. Karena zat besilah yang mampu untuk mencegah terjadinya anemia yang mampu memicu masalah pada janin, seperti kelahiran yang prematur.

Baca Juga : Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dukung Kesehatan Ibu Hamil Dan Bayinya

Hal ini dikarenakan sel darah merah atau hemoglobin dalam kondisi yang menurun. Sehingga volume plasma akan meningkat dan menyebabkan terjadinya kontraksi pada janin.

Zat besi ini bisa gampang Anda temukan pada makanan seperti unggas, daging sapi, telur, makanan laut, biji-bijian, tahu, kacang-kacangan, dan bayam.

3. Lemak

Selama ini lemak dianggap zat yang mengganggu dan tidak sehat bagi tubuh. Namun, lemak juga dibutuhkan untuk ibu hamil dalam kadar yang tidak berlebih. Anda harus memastikan bahwa lemak yang dikonsumsi benar-benar sehat, yakni yang berasal dari lemak nabati. Seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Kalsium

Nutrisi yang tidak boleh dilupakan oleh ibu hamil adalah kalsium. Setiap harinya ibu hamil harus memenuhi asupan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu juga akan membantu di dalam perkembangan saraf dan otot janin.

Bahkan jika Anda selalu memenuhi kebutuhan kalsium ini, maka akan sangat baik untuk mengurangi risiko terjadinya hipertensi dan preeklamsia. Kalsium bisa Anda dapatkan dari yoghurt yang rendah lemak dan susu kedelai.

5. Protein

Nutrisi lainnya yang jangan sampai ketinggalan oleh ibu hamil adalah protein. Protein ini sangat baik untuk ibu hamil, karena dapat membantu untuk pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayinya saat kehamilan.

Protein juga mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh agar ibu hamil tidak mudah jatuh sakit. Untuk mendapatkan nutrisi berupa protein, Anda bisa mengkonsumsi telur, ikan, unggas, dan daging tanpa lemak.

6. Serat

Kebutuhan akan serat sangatlah harus dipenuhi oleh ibu hamil. Hal ini akan membantu di dalam mengatur naiknya berat badan dan mampu mencegah terjadinya preeklamsia. Untuk bayi, serta ini akan membantu di dalam merangsang perkembangan janin.

Baca Juga : 6 Macam Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Sedangkan untuk sang ibu, akan mencegah dari terjadinya gangguan pencernaan dan masalah BAB. Untuk memenuhi kebutuhan serat, Anda bisa mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Jadi, pastikan agar ibu hamil selalu memenuhi asupan akan nutrisinya setiap hari. Dengan begitu, Anda pun bisa tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi di dalam kandungan hingga bayi tersebut lahir.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Flu Untuk Ibu Hamil Yang Aman, Jangan Asal Minum Obat

Demikian yang bisa admin berikan informasinya kepada bunda jangan lupa dibagikan artikel ini yah bund supaya orang orang diluar sana bisa sama menikmati manfaat artikel ini, Terima kasih

  • Bagikan