6 Macam Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

  • Bagikan
Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Gambar oleh Beccalee dari Pixabay

Buah yang bagus untuk ibu hamil tentulah buah yang banyak mengandung nutrisi. Sebagaimana nutrisi sendiri sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan serta menjaga kesehatan sang ibu.

Diketahui bahwa buah sangatlah banyak macamnya, apalagi di negara tropis seperti Indonesia.

Tetapi tentunya setiap buah memiliki kandungan yang berbeda-beda. Sehingga penting bagi Anda untuk memilih buah yang paling baik untuk ibu hamil.

Dengan begitu, Anda pun akan mendapatkan asupan nutrisi secara maksimal. Lalu, apa saja buah-buahan yang disarankan untuk ibu hamil?

Buah Yang bagus Untuk Ibu Hamil Direkomendasikan

1. Alpukat

alpukat Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Gambar oleh Juraj Varga dari Pixabay

Alpukat menjadi salah satu buah yang banyak digemari jika dibuat menjadi sajian jus yang diberi susu kental manis.

Di samping rasanya yang lezat, alpukat juga sangat baik untuk ibu hamil. Diketahui bahwa alpukat mengandung asam folat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan Test Pack Dengan Tepat

Selain asam folat, kandungan lainnya adalah berupa vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, dan magnesium.

Bagi Anda yang sedang hamil dan rutin mengonsumsi alpukat, maka sangat baik untuk mengurangi morning sickness dan kaki yang kram. Serta bagus juga untuk kecerdasan otak sang bayi.

2. Pisang

pisang Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Gambar oleh marker_photography dari Pixabay

Pisang menjadi buah yang banyak ditemukan di Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau. Di dalam buah pisang mengandung kalium dan kalori.

Di mana kalium mampu untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh dan membantu kerja otot serta penghantaran sinyal saraf.

Bagi ibu hamil yang rajin mengkonsumsi buah pisang, maka dapat meredakan kondisi morning sickness yang kerap dialami ibu hamil dan juga sembelit.

3. Mangga

Mangga buah yang bagus untuk ibu hamil
Gambar oleh liwanchun dari Pixabay

Siapa yang tidak suka mangga? Ada banyak sekali jenis mangga yang tumbuh di Indonesia. Perlu diketahui bahwa buah mangga mengandung vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

Vitamin tersebut berupa vitamin A dan C. Di mana vitamin A berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh dan mencegah terjadinya komplikasi pada janin.

Dan bagi Anda yang mengonsumsi buah mangga dengan porsi satu mangkok, maka sama saja Anda sudah memperoleh asupan vitamin C secara cukup dalam seharinya.

Karena vitamin C ini juga sangat baik untuk kekebalan tubuh bagi ibu hamil.

4. Apel

apel Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Apel memiliki manfaat yang sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Di mana dalam buah apel mengandung serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium yang merupakan nutrisi terbaik untuk ibu hamil.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa dengan mengkonsumsi apel secara rutin bagi hamil, maka dapat memperkecil risiko asma dan alergi pada bayi.

5. Jeruk

jeruk buah yang bagus untuk ibu hamil
Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Jeruk adalah salah satu buah yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Di mana dalam buah ini banyak mengandung vitamin C, asam folat, dan serat. Vitamin C inilah yang berperan sebagai antioksidan, sehingga mampu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel dan membantu di dalam penyerapan zat besi.

Karena banyaknya kandungan air yang ada pada buah jeruk, makan buah inipun mampu memberikan cairan pada ibu hamil agar tidak mengalami dehidrasi.

6. Nanas

nanas Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Gambar oleh JUNE JUNG dari Pixabay

Selama ini kerap terdengar bahwa nanas tidak baik untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa makan nanas akan memicu terjadinya persalinan.

Namun nanas memang bisa memicu kontraksi saat dikonsumsi secara berlebih karena adanya enzim bromelain.

Selebihnya, nanas baik untuk dikonsumsi secara cukup pada ibu hamil karena kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, dan magnesium.

Jadi, bagi ibu hamil sebaiknya menyetok buah-buahan tersebut di kulkas dengan disesuaikan pada musimnya. Dengan begitu, Anda bisa mengkonsumsinya kapan saja sebagai menu cemilan yang menyehatkan.

Jika pembahasan tentang buah yang bagus untuk ibu hamil ini bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini yah bund terima kasih.

  • Bagikan