Resep Obat Batuk Alami Untuk Bayi Anda

10

Resep Obat Batuk Alami Untuk Bayi – Mengatasi pengobatan pada bayi tidaklah sama dengan orang dewasa. Obat batuk banyak terjual di warung, toko dan apotek.

Namun mengobati batuk pada bayi tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Hal ini karena daya tahan tubuh bayi yang lemah dan rentan terserang berbagai penyakit. Untuk itu hati-hati dalam menjaga kesehatan, harus selalu memperhatikan serta menjaganya dalam segala hal.

Alangkah baiknya, jika mengatasi batuk dengan resep alami, yang jelas aman, murah, mudah didapat tanpa adanya efek samping.

Resep Obat Batuk Alami

Inilah bebrapa Resep Obat Batuk Alami Untuk Bayi.

Kunyit

Kunyit untuk batuk

Ramuan kunyit ini memiliki manfaat untuk mengurangi inflamasi dan memperkuat daya tahan bayi.

Kunyit mempunyai fungsi ganda, karena selain dapat dipergunakan untuk orang yang dewasa, juga dapat dikonsumsi untuk penyembuhan batuk pada balita dan bayi.

Baca Juga :

Bagi anda yang masih mempunyai bayi atau balita yang menyusu, hanya mengoleskan bubuk kunyit ke payudara ibunya, maka ketika bayi akan menyusu akan terasa proses pengobatannya.

Cara yang lain adalah dengan menuangkan bubuk kunyit untuk dicampurkan ke dalam susu yang diseduh. Pemberian ramuan kunyit tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk Nipis dan Madu

Campuran madu dan jeruk nipis sangat bermanfaat dalam meredakan gatal yang terjadi pada tenggorokan serta dapat merangsang air liur untuk keluar. Sehingga dapat meredakan batuk pada bayi anda.

Untuk bayi yang berusia diatas satu tahun, caranya adalah dengan meramu minuman antara jeruk nipis dan madu untuk dicampurkan dan disedu dalam keadaan hangat.

Sedangkan bagi bayi yang sudah berusia 1 sampai 5 tahun, menggunakan resep ramuan sedikit jeruk nipis dan setengah sendok madu dicampur pada air hangat.

Lakukan cara ini pada bayi sebelum tidur. Anda dapat minum beberapa kali sesuai dengan kebutuhan.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan dalam resep batuk pada bayi anda. Caranya adalah keringkan bawang putih, bisa dengan dipanggang dalam arang.

Kemudian dinginkan, masukan ke dalam kantong kain dan letakkan pada tempat tidur bayi anda. Akan tetapi jangan terlalu dekat.

Minyak Pijat Tradisional

Minyak Pijat Tradisional

Hal yang bersifat tradisional biasanya sangat ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya batuk pada bayi yaitu dengan menggunakan minyak pijat tradisional.

Misalnya minyak kayu putih, minyak peppermint, ataupun minyak rosemary yang dinilai dapat membantu mempercepat dalam proses penyembuhan sakit batuk pada bayi dan balita.

Walaupun tidak dengan cara mengonsumsi seperti ramuan yang lain, namun cara ini dinilai efektif yang dapat menolong batuk pada bayi yang masih berusia 5 bulan dan 1 tahun atau bahkan orang dewasa, karena tidak ada batasan umur.

Perlu diketahui, jangan sesekali mengoleskan minyak tersebut pada area wajah. Cukup di bagian dada bayi, alangkah baiknya oleskan sedikit demi sedikit, jangan langsung sekali banyak.

Setelah mengetahui beberapa resep obat batuk bayi, saya akan memberikan tips untuk meredakan batuk pada bayi anda.

Caranya dengan memberikan makanan berupa bubur ayam dan bubur sayuran yang berguna untuk mengebalikan sistem imunitas pada bayi dan juga berikan minum yang hangat agar terhindar dari dehidrasi (kekurangan air minum).

Apabila dengan cara tradisional tersebut bayi anda belum sembuh, segeralah bawa ke dokter atau ke rumah sakit agar mendapat pengobatan yang lebih baik dan professional.

Sekian artikel tentang Resep Obat Batuk Alami yang pinco ulas diatas semoga anda bisa sigap ketika sikecil sedang mengalami batuk.