Resep Obat Alami Penurun Panas Atau Demam

13

Obat Alami Penurun Panas, Panas atau deman biasanya sering terjadi pada anak-anak. Penyebab utamanya yakni, adanya suatu perlawanan akan virus, bakteri, infeksi, dan lain sebagainya.

Namun, dalam kata lain demam mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh, sebab dapat melawan antivirus atau infeksi.

Hal ini dikarenakan apabila temperatur tinggi, maka akan meningkat pula daya tahan tubuhnya.

Perlu anda ketahui, jika panas atau deman tidak perlu diberi obat penurun panas, kecuali suhu di dalam tubuhnya semakin meningkat. Suhu tubuh seseorang memiliki batas normal sekitar 36° C – 38°C. Nah, langkah yang dapat anda lakukan ketika deman terus meningkat yaitu dengan menggunakan resep obat alami, karena lebih ringan dan tanpa bahan kimia yang mengganggu tubuh. Berikut penjelaan secara rinci.

Obat Alami Penurun Panas Atau Demam

Resep Pertama Menggunakan Gula Aren

Gula Aren

Gula aren yang terkenal sebagi pemanis baik dalam makanan maupun minuman, ternyata dapat menjadi obat penurun panas atau deman.

Nama gula aren tersebut berasal dari pohon aren atau dalam bahasa latin arenga pinata .

Rasa dari gula aren yang manis inilah yang mampu membentuk suhu tubuh hangat dan stabil.

Sehingga dapat meningkatkan stamina atau data tahan dalam tubuh. Kandungan di dalamnya, misalnya nitrogen, klorida (CI), sulfur dan boron yang tidak dimiliki oleh gula lainnya.

Bahan-bahan dalam membuat resep ini adalah gula aren satu potong dan air hangat sebanyak satu gelas atau cangkir.

Kemudian gula aren tersebut diseduh dengan air yang hangat. Aduklah hingga merata dan minumlah sampai habis.

Resep Kedua Menggunakan Kunyit

Resep Kedua Menggunakan Kunyit

Selain berguna untuk bumbu masakan, kunyit juga mampu mengatasi panas atau deman yang anda derita.

Kunyit bermanfaat bagi penurunan panas, terutama pada anak berusia balita.

Sebab kandungan kunyit berupa turmeron, senyawa minyak atsiri, curcumin, dan zingiberen berfungsi anti oksidan dan juga antibakteri.

Cara pengolahannya cukup ambil kunyit lal parut dan campurkan dengan setengah gelas air panas.

Dinginkan dan peras ramuan terebut untuk diambil sarinya. Agar rasanya tidak terlalu pahit, tambahkan madu atau jeruk nipis ke dalam perasan kunyit.

Kemudian bisa langsung diminum.

Resep Ketiga Menggunakan Daun Sambiloto

Daun Sambiloto

Mungkin, anda bertanya-tanya apa itu daun sambiloto? Tumbuhan liar yang berguna untuk obat tradisional dan tumbuh di kebun, pekarangan, dan tepi sungai.

Daun sambiloto mempuyai banyak kandungan laktone dan flavonoid. Selain itu sangat berkhasiat untuk menurunkan panas pada badan, karena mengandung antiperetika.

Cara mengolah resep ini tidak terlalu sulit cukup dengan bahan daun sambiloto yang telah ditumbuk secukupnya dan air masak setengah gelas.

Cara membuatnya yaitu daun sambiloto dicuci hingga bersih. Kemudian diseduh dari hasil tumbukan daun sambiloto dengan air tersebut. Aduklah dan saring dapat langsung diminum.

Resep Keempat Menggunakan Tomat

Tomat yang berbentuk bulat dan berwarna merah mengandung vitamin C dan A. Selain itu juga terdapat anti oksidan berupa lycopene.

Tomat dicuci lalu dilumat dengan air matang setengah gelas dan tambahkan madu. Aduk dan peras, kemudian saring. Minum sehari 3 kali secara rutin.

Demikian resep obat alami untuk menurunkan panas atau deman. Semoga deman anda lekas sembuh, setelah mencoba ramuan tersebut.