Doa Setelah Adzan,5 Keutamaan Buat Anak Memahami Agama

  • Bagikan
Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan bisa bunda ajarkan kepada anak sejak dari mereka kecil. Dengan ini, anak akan menjadi lebih banyak menghafal banyak doa untuk bekal mereka ketika sudah dewasa nantinya.

Doa setelah adzan merupakan doa pendek yang ternyata bisa memberikan dampak yang baik untuk siapapun yang mengucapkannya.

Keutamaan Membaca Doa Setelah Mendengar Adzan

Keutamaan Membaca Doa Setelah Mendengar Adzan

Diantaranya banyaknya doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya, ada salah satu doa pendek yang ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa apabila dibaca.

Doa tersebut adalah doa setelah mendengar adzan. Adzan merupakan lafal panggilan untuk umat Islam agar segera melaksanakan shalat yang biasanya dikumandangkan oleh muadzin di masjid.

Ada berbagai keutamaan dari membaca doa setelah adzan tersebut dan salah satunya adalah akan mendapatkan syafaat Rasulullah SAW yang luar biasa baik ketika hari kiamat.

Baca Juga : Tips ajarkan anak doa bangun tidur

Tentunya, hal ini juga bisa menjadi salah satu kebiasaan yang baik untuk bunda ajarkan kepada anak sejak dari kecil agar mereka terbiasa sampai kapanpun.

Doa yang Harus Diucapkan Setelah Adzan

Allahumma rabba hadzihid da’watit taammah, wasshalatil qaimah, ati Muhammadinil wasilata wal fadhilah wab’atshu maqamammahmudanilladzi wa’attah.

Pentingnya Mengajarkan Membaca Doa Setelah Adzan Kepada Anak

Mengajarkan berbagai doa merupakan hal yang penting dilakukan pada anak agar anak bisa menjadi lebih baik kedepannya. Tak hanya itu saja, ada juga berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh anak maupun bunda sebagai orang tua :

Berikut ini adalah alasan mengapa mengajarkan doa kepada anak penting sekaligus manfaatnya :

Anak Bisa Mendapatkan Syafaat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa siapapun yang membaca doa setelah adzan tersebut bisa mendapatkan syafaat ketika hari kiamat nanti. Maka, dengan anak bisa membaca dan menghafalnya, anak bisa mendapatkan syafaat tersebut.

Orang Tua Bisa Mendapatkan Syafaat Dari Anak

Sebagai orang tua, tentunya bunda menginginkan untuk memberikan yang terbaik dan mengajarkan banyak hal baik kepada anak. Salah satu hal yang baik yang penting untuk bunda ajarkan adalah membaca doa apabila sudah adzan.

Tidak hanya anak saja yang akan bisa mendapatkan syafaat dari doa tersebut, namun bunda juga akan mendapatkannya karena sama-sama mengamalkannya dan mengajarkan kebaikan kepada si kecil.

Anak Menjadi Lebih Mengetahui Banyak Hal Tentang Agama

Ada banyak cara untuk bisa memahami agama, salah satunya adalah dengan mengajarkan doa-doa yang bermanfaat pada si kecil. Salah satu contoh doanya adalah doa setelah adzan.

Dengan melakukan itu, berarti bunda membantu si kecil untuk mengetahui banyak hal tentang agama Islam. Tak hanya itu saja, bunda juga sudah mengajarkan kebaikan karena didalam doa-doa tersebut memiliki arti dan harapan yang baik untuk bersama.

Kebiasaan Baik yang Diterapkan Dari Kecil

Ketika anak masih kecil, ada baiknya untuk bunda memberikan berbagai kebiasaan baik yang bisa diterapkan dari kecil hingga nanti anak menjadi dewasa.

Seperti contohnya mengajarkan untuk shalat, mengaji, dan memanjatkan banyak doa. Anak akan menjadi terbiasa apabila diajarkan sejak kecil dan orang tua akan mendapatkan pahala yang luar biasa dari Allah SWT.

Membuat Anak Menyegerakan Shalat

Dengan menanamkan kebiasaan membaca doa setelah adzan tersebut, bunda juga sekaligus membuat anak terbiasa menyegerakan untuk shalat. Adzan merupakan panggilan untuk melakukan shalat, namun kerap kali ada saja orang-orang yang menunda shalat karena berbagai hal.

Dengan memberikan pemahaman kepada si kecil, maka bunda bisa menuntunnya kepada kebaikan dan menyegerakan untuk shalat sesaat setelah selesai membaca doa setelah adzan tersebut.

  • Bagikan