10 Ungkapan Kasih Orang Tua Pada Anak

  • Bagikan
Ungkapan Kasih

Satu kata ungkapan kasih saja ternyata mampu memberikan dampak luar biasa pada seorang anak. Kata negatif pasti membuat anak merasa negatif.

Sebaliknya satu kata positif bisa memberikan semangat yang menggebu-gebu buat anak-anak kita.

Bila Anda ingin memiliki relasi yang baik dengan anak-anak, biasakanlah mengeluarkan kata-kata secara efektif dan positif.

Perhatikan apa yang Anda katakana, bagaimana mengatakannya dan kapan mengatakannya.

Untuk membantu para orang tua berbicara dengan kata-kata yang penuh ungkapan kasih orang tua pada anak-anak,

Paul Axtell, seorang konsultan dan trainer di bidang SDM mempunyai 10 ungkapan kasih orang tua dari yang perlu dikatakan orang tua pada anak-anak sejak mereka kecil.

Baca Juga :

Ungkapan Kasih Orang Tua Pada Anak

Ungkapan Kasih Orang Tua Pada Anak

Papa/Mama suka kamu!

Kata-kata ini mengandung makna yang berbeda loh. Papa/Mama sayang kamu merupakan ungkapan kasih orang tua atas relasi orang tua dan anak.

Suka di sini memiliki makna yang powerful karena menunjukkan pada anak bahwa kita bangga, suka, respect terhadap dia sebagai satu pribadi (sebagai dirinya sendiri, bukan dalam konteks dia sebagai anak kita).

Jadi, selain rutin katakan Papa/Mama sayang kamu, katakan juga Papa/Mama suka sama kamu!

Kamu cepat mengerti pelajaran.

Anak-anak usia TK dan SD memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Itulah saat mereka belajar banyak hal.

Bagi anak-anak,belajar itu sama dengan bermain. Apa yang kita katakan pada anak-anak pada usia ini akan berpengaruh pada cara mereka belajar nantinya di usia yang lebih dewasa.

Terima kasih.

Sopan santun menunjukkan penghormatan. Kemampuan bersosialisasi sangat penting bagi manusia. Cara terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan mengajarkannya pada anak-anak sejak dini.

Bagaimana kalau kita sepakat untuk ….

Kata-kata ini membantu Anda untuk berkompromi agar dapat bekerja sama dengan anak-anak. Ungkapan ini meminimalisir adu argumentasi antara Anda dengan anak.

Cerita lagi dong.

Ini cara Anda meminta anak-anak untuk sharing pikiran, pengalaman, ide dan perasaan mereka.

Anda akan belajar untuk mendengar. Saat Anda mendengar, hal itu menunjukkan Anda peduli dengan anak-anak.

Yuk, kita membaca.

Membacakan buku atau dongeng untuk anak-anak punya banyak manfaat. Mereka belajar berimaginasi dan menjadi kreatif karena didorong untuk membayangkan secara visual, selain melatih pendengaran dan fokus serta perhatian mereka pada Anda yang sedang membaca.

Saat membaca juga mempererat hubungan Anda dengan anak, dan menumbuhkan keinginan untuk terus belajar.

Kita semua pernah kok melakukan kesalahan.

Kalau Anda menghadapi anak yang tengah bermasalah, entah itu nilai ulangan yang buruk, lupa membuat PR, berantem dengan anak-anak lain, membuat adiknya menangis, pakailah momen itu untuk mengajari mereka bertanggung jawab atas kesalahan mereka.

Jangan ungkit-ungkit terus kesalahannya. Tapi katakan dengan jelas, kesalahan mereka dan apa yang harus mereka lalukan untuk memperbaiki itu. Yang tak kalah penting, semangati mereka untuk move on.

Maafkan Mama/Papa

Belajarlah meminta maaf terlebih dahulu pada anak-anak. Dan yang lebih penting lagi, perhatikan perlakuan dan perkataan Anda pada anak-anak agar jangan sampai menyakiti hati mereka.

Menurut kamu bagaimana?

Berilah kesempatan pada anak-anak untuk menyuarakan ide mereka dan libatkan mereka dalam kehidupan keluarga.

Saat Anda mau merapikan atau merenovasi rumah, saat bicara soal rencana liburan, ketika mau memasak atau membuat acara keluarga, biasakanlah meminta pendapat mereka. Anak-anak akan belajar membuat keputusan dan bertanggungjawab atas pilihan yang mereka ambil.

Mereka juga akan terbiasa menjadi proaktif dan berani mengeluarkan ide-ide di sekolah atau setelah mereka dewasa nantinya.

Ya

Orang tua sering mengatakan “tidak” pada anak-anak dengan alasan hendak mendisiplinkan mereka.

Jangan terlalu sering katakan “tidak” atau “jangan” yang memberi kesan negatif atau galak pada anak. Gantilah dengan kata-kata yang lebih positif.

Sekian artikel seputar 10 Ungkapan Kasih Sayang Orang Tua Pada Anak dari pinco.id semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Ungkapan Kasih
You have reacted on“10 Ungkapan Kasih Orang Tua Pada Anak” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!