Cerita Fabel Dan 5 Metode Pengajaran Anak Yang Bermanfaat

  • Bagikan
cerita fabel
Image ; https://www.freepik.com/

Bagi bunda yang memiliki anak kecil, membacakan cerita fabel sangatlah baik untuk mereka. Apalagi ada banyak sekali cerita-cerita fabel yang dijual di toko buku dengan buku-bukunya yang menarik, kisah yang bervariasi, gambar yang lucu dan berwarna-warni. Tentu saja anak-anak akan sangat menyukainya.

Bunda bisa membacakan cerita ini sebagai pengantar tidur dan akan semakin membuat anak tertarik ketika bunda juga memperagakan suara-suara yang menjadi karakter di cerita tersebut.

Cerita fabel ini mudah sekali untuk dibedakan dengan jenis cerita lainnya. Karena pada intinya, tokoh di dalam cerita ini adalah binatang, lalu latar ceritanya lebih dominan berada di alam, seperti hutan, sungai, gurun, dan sebagainya.

Bahkan cerita ini juga memiliki alur yang tergolong singkat, sehingga cocok sekali untuk disampaikan kepada anak-anak.

Apa Yang Dimaksud Dengan Cerita Fabel?

Apa Yang Dimaksud Dengan Cerita Fabel
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Cerita fabel adalah sebuah cerita atau pun dongeng yang menampilkan cerita dengan tokoh-tokohnya berupa binatang.

Binatang dalam cerita ini posisinya adalah sebagai tokoh utama. Lalu untuk karakter-karakter yang dimainkan dalam cerita hampir menyerupai seorang manusia.

Baca Juga : 8 Cerita Rakyat

Di mana mereka bisa berbicara, beraktivitas layaknya manusia yang bisa bekerja, bermain, berolahraga, dan aktivitas lainnya.

Jika membaca cerita ini, bunda akan menemukan adanya tokoh protagonis atau tokoh yang baik dan tokoh antagonis atau tokoh yang jahat.

Kedua tokoh inilah yang nantinya akan menjadi rangkaian cerita yang mampu memberikan edukasi kepada anak-anak akan segala hal yang terjadi di dunia ini.

Rangkaian cerita yang disajikan biasanya berupa peristiwa yang menunjukkan sebab akibat, memiliki alur cerita maju, serta alurnya juga sangat sederhana.

Ini menjadi bacaan yang akan sangat mudah untuk dipahami oleh siapa saja terutama anak-anak.

Anak bisa belajar untuk mengetahui sikap dan sifat seperti apa yang seharusnya dicontoh dan juga harus dihindari.

Dengan begitu, cerita fabel ini menjadi sangat efektif untuk memberikan ajaran kepada anak dengan metode yang mengasyikkan.

Pesan Moral Dari Cerita Fabel

Pesan Moral Dari Cerita Fabel
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Cerita dengan tokoh-tokohnya yang berupa binatang ini sarat akan pesan moral untuk kehidupan. Itulah mengapa cerita fiksi ini sangat cocok untuk diberikan kepada anak-anak yang bisa dijadikan percontohan.

Karena di dalam belajar, anak-anak tidak hanya belajar melalui orang tuanya saja, tetapi bunda juga bisa mengeksplor metode pembelajaran yang berbeda, salah satunya melalui cerita-cerita fabel.

Biasanya bagi anak-anak yang belum bisa membaca, maka bunda bisa membacakannya secara perlahan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak seusianya.

Di saat bunda membacakan, anak akan memperhatikan dan bisa sembari membayangkan tentang kondisi di dalam cerita tersebut.

Misalnya saja cerita fabel tentang Kelinci Dan Kura-Kura yang menyampaikan pesan moral agar tidak menjadi manusia yang meremehkan tugas-tugasnya.

Di mana tugas harus diselesaikan terlebih dahulu dan jangan sampai menuruti rasa malas. Karena orang yang tekun akan bisa berhasil daripada orang yang memiliki kemampuan tetapi malas.

Lalu cerita tentang Anjing Pemburu Dan Kelinci yang menyampaikan pesan moral bahwa kunci untuk setiap pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan sangatlah membutuhkan adanya motivasi. Karena motivasilah yang mendorong agar lebih semangat.

Kemudian cerita Singa Dan Tikus yang berpesan bahwa tidak ada yang tahu siapa yang akan menjadi teman baik.

Sehingga, selalulah berbuat baik kepada setiap orang. Karena orang baik akan mendapatkan balasan yang baik juga di masa yang akan datang.

Jadi, mulai sekarang bunda bisa membiasakan untuk membacakan cerita fabel kepada sang buah hati. Hal ini akan membantu mereka agar karakter moralnya bisa terbangun dengan kuat dan pastinya menanamkan nilai kebaikan sejak usia dini.

Sekian artikel seputar Cerita Fabel dari pinco.id semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi bunda sekalian.

  • Bagikan