50 Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan

Setiap ibu hamil pasti akan menyediakan waktu untuk mempersiapkan kelahiran buah hati.

Apalagi jika sahabat sudah mengetahui jenis kelamin bayi maka akan lebih memilih barang yang sesuai dengan jenis kelamin tersebut.

50 perlengkapan bayi baru lahir ini harus disiapkan sejak saat kehamilan trimester akhir.

Saat usia kandungan mulai memasuki bulan terakhir maka orang tua akan mempersiapkan banyak hal, apalagi jika ini merupakan kelahiran anak pertama.

Banyak hal mulai dari keperluan persalinan hingga berbagai hal yang kecil pastinya tidak boleh terlewatkan.

Setelah mengetahui hasil dari pemeriksaan USG, dimana gender calon anak Anda sudah bisa dipastikan, maka nama bagi calon bayi dan juga berbagai perlengkapan bayi harus segera dipersiapkan selanjutnya.

Daftar perlengkapan bagi bayi yang baru lahir dapat anda kelompokan sesuai dengan kebutuhan yang paling penting, cukup penting atau biasa saja. Ini dapat membantu anda untuk mengatur pengeluaran dan biaya belanja.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Bagi bayi yang baru lahir bisanya membutuhkan dot, sebagai perlengkapan bayi baru lahir yang paling pokok dan beberapa bantal tambahan pada tempat tidur bayi, beberapa pakaian, perlengkapan untuk memandikan bayi, perlengkapan untuk tidur bayi, perlengkapan untuk bepergian dan juga perlengkapan kesehatan.

Ada yang harus Anda perhatikan saat belanja perlengkapan bayi. Yaitu bahwa perkembangan bayi yang nantinya akan cukup pesat, ini akan membuat beberapa perlengkapan bayi akan cepat tidak terpakai.

Jadi belanjalah dengan bijak dan dalam jumlah yang cukup serta tidak berlebih, apalagi bayi yang lahir nantinya belum diketahui dengan pasti berat badannya.

Berikut adalah 50 perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan:

Perlengkapan baju bayi

1. Setelan baju tangan panjang dan celana panjang
2. Atasan dengan lengan pendek
3. Atasan lengan panjang
4. Topi bayi
5. Sarung tangan bayi
6. Kaus kaki bayi
7. Popok, sebaiknya gunakan popok kain yang dapat dicuci ulang
8. Tatak iler, sebisa mungkin pilihlah tatak iler yang menggunakan velkro agar tidak terlalu repot untuk mengikat tali di bagian belakang leher bayi.
9. Jaket bayi
10. Bedong instan yang aman

Tips Memilih bedong: Kami menganjurkan untuk menggunakan bedong yang aman dari displesia pangkal paha dan SIDS yang sudah bisa Bunda temukan di toko toko perlengkapan bayi atau di online marketplace.

Tips memilih baju: Siapkan baju bayi lengan pendek dan juga lengan panjang, sehingga nantinya bisa digunakan sesuai dengan kondisi.

Untuk bayi baru lahir sebaiknya menggunakan jumper. Perhatikan juga bahan serta model baju.

Pilihlah bahan baju yang tidak panas dan terasa nyaman saat dipakai. Sebaiknya hindari gambar-gambar pada baju yang jahitannya tembus hingga ke bagian dalam, karena hal itu menyebabkan rasa kurang nyaman pada bayi.

Nyaman haruslah diutamakan, sedangkan model baju adalah nomor dua.

Perlengkapan bayi baru lahir pada umumnya bayi lebih membutuhkan celana pendek, tetapi Anda harus menyiapkan juga celana panjang dan jangan memilih celana yang karetnya terlalu kencang.

Perlengkapan mandi bayi

11. Bak mandi bayi
12. Perlak mandi untuk alas ganti pakaian
13. Sabun dan Shampoo bayi. Keduanya dapat digantikan dengan menggunakan sabun yang sekaligus bisa berfungsi sebagai shampoo. Pilihlah yang tidak pedih di mata.
14. Bedak talk bayi
15. Compact powder
16. Baby wipes (tisu basah khusus bayi)
17. Gunting kuku
18. Handuk bayi yang nyaman dan menyerap keringat
19. Body lotion bayi atau Baby oil
20. Krim diaper
21. Mainan mandi
22. Topi keramas
23. Minyak telon khusus bayi

Perlengkapan tidur bayi

24. Kasur atau baby box
25. Bantal dan guling
26. Selimut dengan bahan yang lembut, bisa berbahan handuk, flanel dan lain-lain.
27. Gantungan/hanger baju bayi
28. Perlak besar
29. Perlak kecil
30. Alas bayi (kain yang mudah menyerap keringat)
31. Kelambu dan bed cover

Perlengkapan bepergian bayi

32. Tas yang ukurannya cukup untuk membawa baju bayi
33. Gendongan bayi silang, gendongan ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan gendongan biasa, baik bagi bayi maupun bagi ibu bayi.
34. Baby holder
35. Bottle keper

Perlengkapan kesehatan bayi

36. Thermometer bayi
37. Kain kassa
38. Alko-hol 70%
39. Betadine
40. Sisir bayi
41. Sikat lidah bayi
42. Kapas steril
43. Peniti
44. Sedotan ingus

Perlengkapan makan bayi

45. Botol susu, untuk botol yang terbuat dari bahan plastik, pilihlah yang berlabel BPA Free.
46. Sikat botol
47. Steam sterilizer
48. Bottle warmer
49. Container susu
50. Thermos botol

3 Perlengkapan Yang Wajib Ada

1. Baju Bayi

Baju Bayi

Pelengkapan bayi baru lahir yang wajib ada, Bunda, baju bayi menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang harus bunda persiapkan.

Jika bunda ingin membeli baju untuk bayi maka bunda bisa memilih baju jenis jumper.

Bunda juga perlu mempersiapkan model serta bahan yang dapat bunda gunakan untuk bayi.

Usahakan bahan baju yang bunda pilih tidak panas serta tetap memberikan rasa yang nyaman untuk bayi.

Ada beberapa tips dalam memilih baju untuk bayi yang baru lahir. Pilih bahan baju yang menyerap keringat serta tidak menimbulkan rasa gerah untuk bayi.

Kulit bayi umumnya dikenal cukup sensitif sehingga membutuhkan baju yang aman dan dapat menyerap keringat agar nantinya tidak menjadi biang keringat pada bayi.

Baca Juga : Susu Formula Bayi yang Mendekati ASI

Selain memilih bahan yang dapat menyerap keringat contohnya katun maka selanjutnya bunda bisa memilih baju yang berukuran sedikit lebih longgar.

Baju yang lebih longgar selain membuat nyaman juga dapat menghemat pengeluaran karena bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jika bunda ingin memilih baju yang cocok untuk bayi maka bunda harus memastikan bahwa baju tersebut aman dari berbagai zat kimia yang nantinya dapat mengiritasi kulit bayi.

Cara untuk mengetahui apakah baju bayi yang akan bunda beli aman atau tidak dengan menggosokkan jari pada baju tersebut, namun cara tersebut bukanlah cara satu – satunya,

Bunda bisa memastikan dengan mencuci baju terlebih dahulu dan melihat apakah baju tersebut aman serta tidak mudah luntur.

Baju untuk bayi sebaiknya tidak berwarna gelap, hal ini karena berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa baju yang berwarna gelap lebih disukai oleh serangga atau nyamuk.

Untuk mencegah gigitan nyamuk pada bayi selain menggunakan baju yang berwarna terang, bunda juga harus memastikan bahwa kamar tersebut memiliki sirkulasi udara yang cukup bagus.

2. Gendongan Bayi

Gendongan Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya yang harus bunda persiapkan adalah gendongan bayi.

Loh ko gendongan yah, iya bund alasan kongkritnya bayi kan tidak bisa berjalan maka perlengkapan bayi baru lahir yaitu gendongan sangat penting.

Bahkan banyak sekali model gendongan bayi dari mulai yang simple dan elegant pun ada disesuaikan dengan budget saja yah bund.

Banyak sekali yang jual di online maupun toko fisik khusus perlengkapan bayi.

Bayi akan selalu merasa nyaman saat digendong oleh orang tua, selain itu menggendong bayi juga menimbulkan bonding yang baik antara orang tua dan anak.

Akan tetapi tidak semua gendongan bayi memiliki bahan yang tepat. Bunda bisa memilih gendongan bayi dengan tali atau strap yang kuat.

Hal ini berguna untuk membuat bayi tetap merasa aman.

Jika perlu bunda juga bisa mencari gendongan bayi yang mudah untuk dicuci untuk menjaga kebersihan dari gendongan bayi tersebut.

3. Stroller

kereta bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang terakhir yaitu stroller mengapa demikian.

Jika ingin mengajak bayi berjalan-jalan keliling kota maka bunda harus memiliki stroller,

Alasannya Selain untuk memudahkan orang tua dengan menggunakan stroller juga berguna untuk membuat bayi merasa lebih nyaman.

Saat ini ada banyak pilihan stroller bayi yang bisa bunda pilih. Dan yang Pertama, pilih stroller yang sesuai dengan berat bayi.

Ini wajib diperhatikan yah bund supaya keamanan dan episiensi kerja stroller lebih maksimal.

Saat ini ada stroller yang beratnya mencapai 15 kg, namun jika ibu si bayi cukup mungil pasti akan merasa kesusahan jika harus membawa stroller yang cukup berat.

Bunda juga bisa memilih stroller yang mudah untuk dilipat, kadang jika bunda sedang kebeneran berada di toko.

maka bunda akan melihat bahwa stroller mudah untuk dilipat namun ketika bunda sampai di rumah menjadi sangat sulit.

Dan wajib diperhatikan juga yah bund sangat penting mencoba melipat stroller di toko supaya sesuai dengan keinginan dan kenyamanan bunda tanpa ribet.

Bagikan artikel tentang perlengkapan bayi baru lahir ini yah bund dan jika bermanfaat yah bun supaya website semakin eksis terus dan bisa memberikan manfaat bagi banyak orang, sampai ketemu lagi diartikel selanjutnya.

Tinggalkan komen