Pantun Anak Anak Beserta Sruktur Dan 6 Manfaatnya

  • Bagikan
Pantun Anak Anak

Ingatkah anda ketika sekolah dulu, pastinya anda pernah mendapat tugas membuat pantun, kan? Nah, kini giliran anda untuk membuatnya bersama sang buah hati.

Supaya pantun anak anak yang dibuat bisa terlihat lucu, yuk ketahui triknya di bawah ini.

Trik Penting Saat Membuat Pantun Anak Anak

Membuat Pantun Anak Anak

Bagi anak-anak, tentunya mengarang sebuah pantun akan cukup membuatnya berpikir.

Tetapi jika berhasil, anda sebagai orangtua akan dibuat puas dan senang dengan hasilnya, bahkan bisa membuat anda ngakak.

Ketika pantun orang dewasa sangat banyak yang berhubungan dengan perasaan cinta, maka berbeda pula dengan anak-anak.

Tentu saja pantun yang dibuat tak terlalu serius, namun lebih sederhana dan pastinya mendidik.

Yang jelas pantun ini bukan hanya menghibur ya, namun juga bisa meliputi nasehat, pertemanan, seputar pendidikan, dan sebagainya.

Ketika anak anda merasa stres terhadap pekerjaan rumahnya, maka coba ajak si kecil untuk bermain pantun agar dapat merilekskan pikirannya.

Anda dan anak dapat berbalas pantun sesuai perasaan saat ini. Tak hanya menghibur, dengan membuat pantun bersama, hal ini pun dapat dijadikan sebagai momen untuk membangun kedekatan bersama sang buah hati lho.

Namun agar pantun yang dibuat benar dan menarik, tentunya terdapat beberapa trik yang perlu diperhatikan saat membuat pantun anak. Diantara trik tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga : 3 Cara Simple latih motorik halus anak dengan barang rumahan

Sruktur Pantun yang Ingin Dibuat

Sruktur Pantun yang Ingin Dibuat

Nah, pantun yang mudah dan sering dibuat adalah pantun yang terdiri oleh 4 baris, yaitu terdiri oleh 2 baris sampiran serta 2 baris isi.

Selain itu, saat membuat pantun anda tidak bisa membuatnya dengan panjang seperti halnya menulis puisi bebas, ya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pantun telah memiliki aturan tersendiri. Yang mana dalam satu barisnya tidak boleh lebih 6 kata, ya.

Nah, jika dilihat sepertinya seru ya berkreasi dengan berbagai pilihan kata saat membuat pantun bersama si kecil.

Kesamaan Rima

Tahu gak sih apa itu kesamaan rima? Ya, kesamaan rima ini adalah bunyi akhir di setiap baris yang terdapat pada pantun yang ingin dibuat.

Nah, pantun  yang terdiri oleh 4 baris mempunyai sajak atau rima a-a-a-a maupun a-b-a-b. Tentu saja pola tersebut perlu diterapkan di saat anda ingin membuat pantun.

Yang jelas seiring berjalannya proses kreatif bersama si kecil, maka anda bisa menemukan mana yang cukup mudah dibuat mana yang tidak.

Namun anda tidak perlu khawatir karena walaupun terasa sulit untuk membuat pantun, tetapi ketika dibuat bersama orang tersayang, dijamin pantun yang sulit sekalipun dibuat akan terasa mudah, kok. Percaya deh!

Sampiran pada Pantun Anak Anak

Nah, sampiran ini disebut pula sebagai pembayang yang merupakan 2 lirik pertama di bagian pantun anak anak.

Meskipun hanya sampiran saja, namun tetap perlu diperhatikan seperti apa pemilihan kata-katanya. Tidak hanya aman dipakai sebagai kosa kata untuk pantun saja, namun hal ini pun sangat erat kaitannya dengan dunia mereka.

Bahkan ada keterkaitan pula dalam sisipan ini. Tidak hanya sekelompok kata saja, namun juga terangkai dengan baik agar bisa menjadi sebuah kalimat.

Yang jelas harus tetap mempunyai keterkaitan makna di setiap kata yang ada di setiap barisnya.

Pesan pada Pantun Anak Anak

Pada dasarnya pesan merupakan isi atau inti dari pantun anak anak yang akan dibuat.

Agar dapat menyampaikan sesuatu yang akan disampaikan kepada anak-anak, maka dalam hal ini untuk anak-anak anda yang ingin mendengarkan atau membaca pantun anak anak, maka sebisa mungkin agar anda bisa menyampaikan sesuatu yang bermanfaat bagi si kecil.

Tidak harus berupa nasehat saja, namun anda juga bisa kok membuat pantun yang berkaitan dengan perbuatan baik yang sering dilakukan oleh anak-anak.

Bagaimana, sudah tahu kan beberapa trik yang telah dipaparkan di atas? Nah, jika sudah seperti ini sudah saatnya anda untuk berkreasi membuat pantun bersama sang buah hati.

Manfaat Pantun Anak Anak

Yang jelas pantun memiliki manfaat yang besar bagi anak-anak. Nah, apakah anda penasaran apa-apa saja manfaat yang dapat diperoleh anak-anak ketika anda mengajarkannya untuk bermain pantun? Yuk simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Membantu Anak Agar Bisa dengan Mudah untuk Belajar Membaca

Tahukah anda bahwa ada berbagai penelitian yang dilakukan bahwa keberadaan pantun ini ternyata juga sangat membantu si kecil untuk belajar membaca.

Ketika anda mengenalkannya berbagai pilihan kata yang berirama, tentunya seorang anak bisa semakin mudah untuk mengenal hingga membaca huruf-huruf pada pantun yang telah anda buat.

2. Mengajarkan Si Kecil Keterampilan Pendengaran

Kemudian manfaat berikutnya yang akan diperoleh oleh anak anda dari pantun yaitu dapat mengajarkan keterampilan pada pendengaran yang ia miliki.

Bahkan pantun pun dapat membantunya agar lebih mengapresiasi irama. Nah, dengan cara inilah perkembangan memori maupun keterampilan kognitif anak bisa terasah dengan baik.

3. Bisa Membantu Anak untuk Lebih Cepat Menghafal

Apakah anda ingin agar sang buah hati bisa dengan cepat menghafal? Jika iya, tentunya anda dapat mengajarinya untuk berpantun.

Mengapa? Tentu saja ketika anda mengajarinya berpantun, anda secara otomatis akan membantu anak agar dapat menghafal berbagai kata dengan cepat.

Maka dari itu, di waktu senggang, tidak ada salahnya untuk mencoba mengajarinya berpantun. Agar si kecil mau diajak untuk berpantun, jangan lupa untuk memberikan suasana yang happy ya!

4. Dapat Mengembangkan Memori Auditori

Aktivitas membuat sajak pantun secara tidak langsung ternyata juga dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan memori auditori.

Tentu saja hal ini dikarenakan anak akan berusaha maupun bekerja keras agar dapat mengingat sajak yang terdapat di dalam pantun tersebut. Ketika anda mengajarkannya untuk berpantun, pastinya hal ini dapat meningkatkan kemampuannya dalam berbicara.

5. Dapat Meningkatkan Imajinasi Anak

Selanjutnya, pantun anak anak juga dapat meningkatkan kemampuan imajinasi si kecil, lho.

Hal ini dikarenakan ketika membuat pantun, pastinya anda dapat menggunakan berbagai hal dari mulai pohon, sepatu, dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, ketika membuat pantun, tentunya hal ini dapat membantu anak agar dapat memiliki selera humor.

Sudah pasti hal ini dikarenakan ada banyak contoh pantun lucu yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk membuat pantun bersama sang buah hati.

6. Dapat Meningkatkan Kemampuan Akting

Nah, dikarenakan berpantun ini menggunakan irama, tentunya secara tidak langsung hal ini bisa mengajarkan anak agar dapat mengembangkan kemampuan si kecil dalam berakting.

Supaya bisa mengembangkan kemampuannya dalam berakting, maka cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat beberapa pantun yang lucu maupun yang berisi tentang nasihat, selanjutnya gunakan pantun anak anak tersebut sebagai game yang menyenangkan dan seru.

Itulah berbagai pembahasan tentang trik dan manfaat pantun anak anak. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan