6 Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Yang Baik

  • Bagikan
Tempat Tidur Bayi

Sebelum menantikan lahirnya buah hati yang masih berada dalam kandungan, banyak berbagai perlengkapan yang benar-benar harus dipersiapkan dengan matang guna memenuhi kebutuhan bayi setelah ia lahir nanti.

Beberapa kebutuhan bayi yang harus dipenuhi pada umumnya terdiri dari perlengkapan makan dan minum, perlengkapan mandi, pakaian, perlengkapan tidur, mainan, dan lain-lain.

Namun pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jelas tentang perlengkapan tidur bayi yaitu kasur, ranjang, atau tempat tidur bayi. Perlengkapan tidur bayi termasuk kebutuhan utama yang terlebih dulu dipenuhi seorang pasangan suami istri.

Tentunya hal tersebut dikarenakan pada waktu bayi, seorang anak hanya bisa menghabiskan seluruh atau kebanyakan waktunya di tempat tidur.

Bayi diusianya memang belum bisa melakukan sesuatu atau kegiatan layaknya orang dewasa, untuk itu tidur merupakan aktifitas utama yang sering dilakukan bayi dalam kesehariannya.

Namun lambat laun seiring tumbuh kembangnya, bayi akan mengalami beberapa proses sebelum ia dapat berjalan dan beraktifitas lainnya seperti, tengkurap dan mulai bisa mengangkat kepalanya, lalu merangkak, perlahan-lahan berdiri, kemudian mulai bisa berjalan dengan sendirinya.

Fase-fase tersebut memang memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar kurang lebih 1 tahun.

Memilih tempat tidur untuk bayi untuk baik memang sangat penting karena dengan begitu bayi dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman selama istirahat atau waktu tidurnya.

Untuk itu berbagai perlengkapan tidur bayi harus benar-benar dipersiapkan dengan matang.

Perlengkapan tidur bayi pada umumnya terdiri dari kasur, bantal, selimut dan lainnya haruslah memberikan kenyamanan dan aman bagi bayi.

Memilih tempat tidur untuk bayi tidak serta merta hanya melihat aspek keindahan dari tempat tidur, tapi juga lebih memperhatikan segi keamanan untuk sang buah hati.

Selain itu boks bayi juga penting untuk dimiliki karena bisa menjaga si kecil saat tidur sehingga tidak jatuh.

Boks bayi sudah terpercaya memberi keamanan terbaik untuk bayi.

Namun tidak hanya itu bunda juga harus memilih kasur yang empuk dan terbuat dari bahan berkualitas baik.

Baca Juga :

Untuk memilih tempat tidur bayi yang baik dan benar memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan bayi itu juga yah bund, karena sebagian besar waktu pertumbuhan bayi terjadi saat bayi sedang tidur.

Tips Memilih tempat tidur Bayi :

1. Perhatikan pagar tempat tidur

Perhatikan pagar tempat tidur

Pembahasan yang pertama Bunda harus memperhatikan jarak antara celah pagar dengan matras kira-kira tidak lebih dari 6 cm, hal ini bertujuan untuk mencegah organ tubuh bayi terjepit diantara celah-celah dari pagar tempat tidur tersebut.

Selain itu Pastikan juga kalau bayi tidak mudah untuk membuka sendiri pagar tempat tidurnya.

Untuk itu, carilah tempat tidur bayi yang memiliki pagar sulit untuk dibuka bayi atau lebih tepatnya hanya dapat dibuka dengan tenaga ekstra oleh orang dewasa.

2. Posisi matras dapat diatur

Posisi matras dapat diatur

Posisi matras paling atas biasanya akan dipakai ketika bayi masih belum berdiri sendiri, matras yang berada paling atas akan memudahkan Ibu setiap mengambil bayi dari ranjang.

Namun apabila bayi sudah dapat berdiri sendiri dengan memegang sisi-sisi tempat tidur, maka tingkat matras sebaiknya dipindahkan ke posisi paling bawah.

Hal ini berguna untuk mencegah bayi dapat keluar dari tempat tidur dengan sendirinya tanpa pengawasan orang tua.

Sehingga dalam menentukan tempat tidur bayi sebaiknya memilih posisi matras dapat diatur.

3. Matras

Matras

Terkadang orang tua sering keliru dalam memilih mana matras yang nyaman dan aman dipakai bayi.

Matras yang tebal dan empuk belum tentu menjamin kedunya karena matras yang terlalu empuk malah akan mempengaruhi pembentukan tulang belakang bayi menjadi tidak sempurna.

Untuk itu sebaiknya sesuaikan ukuran matras dengan tempat tidur bayi agar tidak ada celah antara pinggir tempat tidur bayi dengan matras.

4. Baut dan roda

Untuk tempat tidur bayi yang mempunyai roda-roda, bunda harus yakin dan memastikan jika roda-roda tersebut dapat dikunci rapat tujuannya untuk menghindari tempat tidur dapat tergelincir dengan sendirinya.

Selain itu selalu pastikan dengan cermat dan teliti kalau baut-baut pada tempat tidur bayi sudah terpasang dengan rapat dan sempurna.

5. Bahan seprei dan selimut

Agar bayi merasa nyaman dan terjaga dalam tidurnya, pilihlah seprei dan selimut berbahan katun yang mudah menyerap keringat.

Selain itu gunakan pula bahan yang lembut, tidak terlalu tebal namun tidak terlalu tipis.

6. Kelambu

Kelambu sangat berguna untuk melindungi bayi Bunda dari gigitan nyamuk.

Untuk itu pilihlah kelambu yang panjangnya melebihi tempat tidur bayi lalu jepitlah bagian bawah kelambu.

Nah, itulah tips memilih tempat tidur bayi. Keseluruhan hal tersebut memang harus diperhatikan.

Perlu diketahui solusi terbaik agar bayi bisa mandiri sejak dini adalah dengan cara tetap bayi di tempatkan di ranjangnya sendiri namun memerlukan pengawasan dari orang tua dan lokasinya masih dalam satu ruangan yang sama.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Tempat Tidur Bayi
You have reacted on“6 Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Yang Baik” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!