3 Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan Test Pack Dengan Tepat

  • Bagikan
Tes Kehamilan

Salah satu cara tepat untuk melakukan tes kehamilan yaitu dengan menggunakan test pack. Bagi para calon bunda yang belum tahu apa itu test pack dan bagaimana cara menggunakannya. Ada baiknya untuk menyimak penjelasan singkat berikut ini.

Apa itu Alat Tes Kehamilan test pack?

Apa itu test pack

Test pack adalah salah satu alat yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan pada bunda. Alat ini bekerja dengan cara mendeteksi hormon hcg atau human chorionic gonadotropin yang dilakukan pada air seni atau urin.

Hal ini berkaitan dengan keberadaan hormon tersebut yang umumnya hanya muncul jika sel telur telah dibuahi dan kemudian menempel pada bagian dinding rahim.

Selain itu, kadar hormon ini pun akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia dari kehamilan yang tengah bunda alami.

Baca Juga : Kondisi Trimester Pertama Pada Kehamilan

Jika dilihat dari segi penggunaannya, alat ini dapat menunjukkan hasil yang 99% akurat. Namun bisa saja hasil yang ditunjukkan tidak memberikan tampilan yang akurat.

Hal ini umumnya terjadi jika penggunaan alat tersebut tidak dilakukan dengan tepat.

Tips menggunakan test pack

Tips menggunakan test pack

Ada beberapa tips yang dapat bunda gunakan untuk menggunakan test pack dengan tepat. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasannya berikut ini :

Baca Juga : 5 Informasi Dasar Seputar Kehamilan Ektopik

1. Memastikan kondisi test pack dalam keadaan baik

Tips pertama yang dapat bunda lakukan agar mendapatkan hasil yang tepat adalah memilih alat tes kehamilan test pack yang masih berada dalam kondisi baik.

Dalam hal ini, bunda dapat melihat tanggal kadaluwarsa yang dimilikinya. Pastikan untuk memilih test pack dengan tanggal kadaluwarsa yang masih lama.

Pasalnya jika tanggal kadaluwarsa telah terlewat, maka tingkat keakuratannya pun akan semakin berkurang pula.

Baca Juga : Kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan Trimester 2

Dengan memilih alat test pack yang berada dalam kondisi baik. Tingkat sensitivitas yang dimilikinya pun masih tinggi, sehingga bunda yang melakukan test bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sekalipun usia kehamilan masih terbilang muda.

2. Waktu penggunaan yang tepat

Hal selanjutnya yang harus bunda perhatikan adalah segi waktu penggunaan. Karena waktu penggunaan juga cukup berpengaruh pada tingkat keakuratan dari hasil pemeriksaan.

Seperti halnya jika bunda melakukan pemeriksaan dengan menggunakan test pack setelah beberapa hari melakukan hubungan intim.

Umumnya hasil pemeriksaan akan menunjukkan isi negatif. Hal ini terjadi karena hormon hCG belum dihasilkan dan bahkan masih berada dalam tingkat rendah.

Baca Juga : Tanda Tanda Kehamilan Yang Kadang Tidak Disadari

Sementara itu, waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan dapat bunda lakukan dengan menggunakan alat tes kehamilan tersebut di hari pertama saat terlambat haid. Hal ini umumnya terjadi setelah 1 hingga 2 minggu setelah berhubungan intim.

Selain waktu tersebut, bunda juga dapat menunggu selama 1-2 minggu setelah waktu telat haid. Dengan demikian pemeriksaan pun dapat dilakukan dengan mudah.

Baca Juga : Ini Dia Cara Mencegah Kehamilan Dengan Mudah

Bahkan hasil yang ditunjukkannya pun lebih akurat. Pasalnya pada saat tersebut, usia kehamilan bunda telah mencapai 1-6 minggu.

3. Gunakan test pack sesuai dengan yang direkomendasikan

Selain melihat kondisi test pack dan juga memperhatikan waktu penggunaan. Pastikan pula untuk menggunakan alat tersebut dengan tepat sesuai jenis yang dimilikinya. Seperti halnya jenis alas tes berikut ini :

  • Test pack strip, alat ini digunakan dengan cara mencelupkan strip tersebut pada urine yang telah ditampung selama 5 hingga 10 detik.
  • Pregnancy cassette test, alat tes ini tampil dengan bentuk stik. Untuk menggunakannya bunda dapat meneteskan urine yang telah ditampung beberapa tetes pada alat tersebut.
  • Test pack digital, jenis alat yang satu ini tampil dengan bentuk stik. Namun di salah satu ujung sisinya dilengkapi dengan bagian yang dapat dipasang strip untuk menyerap urine. Kelebihan alat ini adalah penggunaannya yang dapat dilakukan secara berulang dengan mengganti strip lama dengan yang baru.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai alat tes kehamilan dan cara penggunaannya.Jika pembahasan artikel ini sangat membantu dan memberikan wawasan lebih jangan sungkan untuk bagikan artikel ini yah.

Dukung kami disosial media sehingga website ini tetap eksis diinternet terima kasih.

  • Bagikan