8 Tips Mengontrol Tekanan Darah Saat Hamil

  • Bagikan
Tekanan Darah

Tekanan darah sangat berbahaya seorang ibu hamil sekaligus janin yang dikandung. Ketika hamil, tekanan darah seorang ibu harus dikontrol.

Ketika tekanan sudah menunjukkan angka 140/90 mm Hg, hal ini berpotensi menyebabkan ragam masalah selama kehamilan.

Jika tekanan darah tidak menurun atau normal dalam 20 minggu masa kehamilan, kondisi ini bisa menyebabkan pre-eclampsia, atau lebih dikenal toxaemia dan hipertensi kehamilan.

Kita pun harus mewaspadai karena ini merupakan kondisi serius yang akan berdampak buruk bagi otak dan ginjal bersamaan dan dapat menghancurkan organ lain dalam tubuh.

Tekanan darah tinggi umumnya disebabkan pre-eclampsia yang menunjukkan gejala seperti protein dalam urin, kemerahan abnormal pada tangan, serta sakit kepala yang terus menerus.

Hal ini juga dapat memengaruhi pertumbuhan bayi dan berat badan bayi rendah. Berikut adalah beberapa cara untuk mengontrol tekanan selama hamil:

Tips Mengontrol Tekanan Darah Saat Hamil

Perhatikan konsumsi garam

Perhatikan konsumsi garam

Mengonsumsi garam terlalu banyak saat kehamilan sangat tidak baik. Pastikan anda mengonsumsi hanya 3 gram garam saja, jika anda anda rentan mengalami tekanan darah tinggi.

Konsumsi cairan secukupnya

Konsumsi cairan

Pastikan anda membiasakan diri untuk minum air secukupnya setiap hari, lantaran kebiasaan baik ini akan mengurangi tekanan anda.

Anda pun bisa memilih opsi lainnya, seperti jus jeruk dan sayuran tanpa gula atau penambah rasa lainnya.

Lakukan pola diet sehat

pola diet sehat

Jika anda memiliki pola makan sehat, maka janin dalam kandungan pun juga makin sehat. Asam Alpha-linolenic dapat anda dapatkan dari kacang-kacangan, serta sayuran segar hijau, seperti bayam.

Dengan memasukkan menu ini dalam diet anda, maka anda akan mampu mengontrol tekanan secara alami tanpa pengobatan medis sekalipun.

Konsumsi Omega 3

Wanita hamil yang rentan mengalami tekanan juga penting untuk mengonsumsi makanan mengandung omega 3 asam lemak. Makanan seperti, tofu kacang, minyak cod liver, ikan salmon adalah pilihan yang baik.

Suplemen

Suplemen juga adalah salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan, salah satunya adalah suplemen alami kokoa.

Kokoa juga mengandung flavonoid yang menstimulasi produksi nitric oxide dalam tubuh yang berfungsi mendorong aliran darah ke otak dan bagian tubuh lainnya.

Manfaatkan herbal

Semua pasti paham bahwa bahan herbal alami sangat bekerja baik untuk mengontrol tekanan darah? Misalnya, bawang dapat mengurangi kejang urat di arteri, memodifikasi detak jantung dan menormalkan detak urat nadi, sekaligus mengurangi tekanan darah tinggi.

Jalan-jalan santai

Hanya sekedar berjalan-jalan santai juga dapat menyelesaikan masalah kesehatan, khususnya tekanan.

Ketika anda berjalan santai, ambilah waktu pagi hari, sambil menarik dan mengeluarkan napas secara teratur.

Ambil langkah-langkah kecil dan pikirkan selalu hal positif untuk membantu anda mengontrol tekanan darah.

Mengadopsi hewan peliharaan

Hewan peliharaan lucu, seperti anjing dan kucing ternyata mampu menurunkan tekanan seseorang.

Ini adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengontrol tekanan selama kehamilan. Hewan-hewan lucu dapat mengalihkan atensi anda pada stres dan masalah.

Sumber: boldsky

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Tekanan Darah
You have reacted on“8 Tips Mengontrol Tekanan Darah Saat Hamil” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!