6 Tanda Tanda Kehamilan Yang Kadang Tidak Disadari

  • Bagikan
Tanda Tanda Kehamilan

Tanda tanda kehamilan sebenarnya sangat mirip dengan gejala saat sebelum Bunda menstruasi. Mulai dari perut keram hingga rasa tak nyaman pada payudara.

Sehingga ada beberapa wanita yang kadang tidak sadar jika mereka sudah masuk dalam periode awal dari kehamilan.

Kehamilan sendiri sebenarnya adalah salah satu kabar yang menggembirakan dan paling ditunggu oleh banyak pasangan suami istri.

Namun terkadang tanda kehamilan ini tidak disadari oleh seorang wanita terutama mereka yang baru pertama kali.

Walaupun tidak semuanya, ada beberapa tanda tanda kehamilan yang kadang tidak disadari. Dan berikut adalah beberapa diantaranya :

6 Tanda Tanda Kehamilan

1. Mengalami pendarahan ringan dan perut kram

pendarahan ringan

Pada masa kehamilan, sel telur yang sudah dibuahi akan berkembang menjadi calon janin dan akhirnya akan menempel pada dinding rahmi.

Baca Juga : Kondisi Trimester 1

Proses penempelan ini akan merusak beberapa pembuluh darah di dinidng rahim dan akhirnya menyebabkan pendarahan ringan atau flek.

Biasanya flek menjadi salah satu tanda kehamilan sekitar 6 hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi.

Pendarahan sendiri bisa terlihat dari bercak darah warna pink dan coklat. Dan biasanya akan sangat mirip dengan darah mestruasi Bunda.

2. Terlambat menstruasi

Terlambat menstruasi

Setelah calon janin anda menempel pada dinding rahim, maka tubuh akan mulai memproduksi hCG atay human chorionic gonadotropin, ini adalah hormon yang bisa membantu tubuh agar bisa menjaga kehamilan.

Hormon ini juga yang sangat berfungsi untuk menghentikan proses menstruasi setiap bulan selama masa kehamilan.

Sebagian besar wanita akan tidak mengalami menstruasi selama 4 minggu setelah masa pembuahan.

Sehingga keterlambatan mens satu kali saja bisa menjadi salah satu tanda hamil untuk Bunda yang memiliki jadwal menstruasi yang teratur.

3. Perubahan payudara

Perubahan payudara

Perubahan pada payudara bisa saja terjadi menjadi salah satu tanda tanda kehamilan. Dan biasanya payudara menjadi bengkak, sakit dan lebih berat.

Dan area puting biasanya akan berubah menjadi lebih gelap. Dan memang ini sangat mirip dengan gejala menstruasi.

Bunda jangan panik dengan kondisi ini yah karena memang harus seperti itu, tetapi ada pula sebagian perempuan yang tidak mengalaminya jadi perlu diperhatikan.

Perubahan ini terjadi karena tubuh Bunda mulai menyiapkan diri untuk menyusui sejak awal kehamilan.

Dan biasanya aliran darah ke payudara juga akan meningkat.

Baca Juga : Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Tepat

4. Merasa Kelelahan

Kelelahan

Masa awal kehamilan, biasanya kadar hormon progesteron dalam tubuh akan menjadi meningkat. Hormon ini sendiri bisa membuat anda menjadi mengantuk dan kelelahan walaupun aktivitas yang Bunda lakukan biasa saja.

Biasanya kelelahan ini disebabkan karena ada banyak sekali energi tubuh yang digunakan untuk bisa mempersiapkan kehamilan.

Misalnya untuk memproduksi sel darah yang lebih banyak. Hal ini biasanya bisa anda rasakan 1 minggu setelah terjadinya proses pembuahan.

5. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil

Karena hCG mulai di produksi maka saat minggu pertama masa kehamilan akan ada peningkatan aliran darah ke area panggul anda.

Dan inilah yang akhirnya menyebabkan wanita hamil lebih cenderung akan buang air kecil lebih sering dari biasanya.

6. Merasa Mual-mual

Mual-mual

Tanda tanda kehamilan yang tidak pernah disadari juga adalah mual atau morning sickness ini adalah salah satu tanda kehamilan yang paling banyak tidak disadari Bunda.

Biasanya gejala ini akan muncul pada pagi hari, namun biasanya tidak akan menutup kemungkinan jug mual – mual yang anda rasakan juga di siang hari dan malam hari.

Intinya bunda harus menyesuaikan dan sabar yah dan tidak stress supaya janin yang dikandung oleh bunda bisa sehat dan optimal,kondisi ini sangat lumrah terjadi oleh ibu hamil.

Untuk rasa mual yang anda rasakan ini biasanya akan dirasakan ketika sudah masuk ke masa kehamilan 4 hingga 6 minggu dan mulai akan berakhir saat kehamilan sudah masuk ke trimester kedua.

Jika pembahasan mengenai tanda kehamilan ini sangat bermanfaat bagi bunda jangan sungkan untuk membagikan artikel ini, supaya teman ataupun sanak saudara bunda bisa merasakan manfaat yang sama.

Terima kasih ditunggu artikel menarik lainnya yang akan admin update setiap waktu.

 

  • Bagikan