5 Posisi tidur Ibu Hamil yang Baik Dan Benar

5

Posisi tidur Ibu Hamil – Bagi Ibu Hamil, mungkin posisi tidur menjadi penting untuk diperhatikan.

Hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan bahkan juga terkait dengan kesehatan bunda.

Jika sebelumnya bunda bisa tidur nyaman dengan berbagai posisi, maka saat hamil, bunda perlu memperhatikan posisi tidur agar lebih nyaman dan tidak membahayakan untuk kesehatan bundadan juga bayi bunda.

Sebenarnya, banyak alasan mengapa tidur bunda kurang nyaman selama masa kehamilan, hal ini disebabkan berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh bunda.

Beberapa perubahan yang paling umum kita temukan diantaranya adalah: ukuran perut menjadi lebih besar, sakit punggung, mual, sesak nafas serta insomnia.

Mengetahui posisi tidur Ibu hamil merupakan bagian yang penting bagi bunda.

Terutama yang memasuki periode trimester pertama.

Karena jika posisi tidur bunda salah, maka hal tersebut bisa berdampak pada pernafasan serta berkurangnya pasokan darah serta nutrisi ke bayi bunda.

Bahkan, posisi tidur yang salah bisa menyebabkan mual dan muntah.

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Benar

Nah, pada bagian ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana posisi tidur Ibu Hamil yang benar, baik pada trimester pertama, trimester kedua dan selanjutnya.

Posisi tidur Ibu hamil trimester pertama

Tidur Miring (Sleeping on Side)

Tidur Miring

Posisi tidur Ibu hamil terbaik terutama pada trimester pertama adalah posisi miring (sleeping on site).

Posisi tidur seperti ini diyakini bisa meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi bunda.

Sleeping on the left Side

Sleeping on the left Side

Jika sebelumnya dianjurkan tidur miring (SOS), maka pada bagian ini dianjurkan untuk miring ke sebelah kiri.

Posisi ini sangat ideal sekali untuk memperlancar pasokan darah ke bayi bunda.

Cushion Up

Cushion Up

Agar tidur bunda lebih nyaman, juga dianjurkan untuk menempatkan bantal dibawah perut bunda, sehingga bisa membantu meringankan beban perut bunda.

Terutama pada masa kehamilan trimester pertama.

Posisi tidur Ibu hamil trimester kedua

Posisi tidur Ibu hamil pada trimester kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan trimester pertama.

Bunda disarankan untuk tidur pada posisi miring ke kiri agar suplai darah dan nutrisi menjadi lancar.

Namun, jika bunda memiliki keluhan dengan posisi tidur seperti itu, bunda bisa meletakan bantal diantara lutut bunda.

Perlakuan tambahan ini diyakini bisa menjaga tekanan dari otot otot disekitar pinggul bunda.

Jika bunda juga mengeluh sakit punggung, bunda bisa mengantisipasinya dengan meletakan bantal dibawah perut bunda.

Memang kondisi tidur seperti ini terkesan sangat membosankan. Tapi bunda tidak pilihan lain atas kondisi yang bunda hadapi.

Demi bayi yang bunda tunggu tunggu sejak lama. Yakinlah, suatu saat nanti kondisi ini akan berakhir.

Posisi tidur Ibu hamil pada Trimester ketiga

Pada trimester ketiga ini, posisi tidur bunda tetap dipertahankan miring ke kiri dengan alasan yang sudah kami sebutkan diatas.

Namun, kami ingin menyarankan beberapa hal kepada bunda agar tidur bunda pada trimester ketiga menjadi lebih nyaman.

Berikut ini adalah beberapa saran kami

  • Pertahankan posisi tidur miring ke kiri
  • Jika bunda memiliki anggaran yang cukup, cobalah untuk membeli bantal ibu hami yang saat ini banyak beredar dipasaran
  • Usahakan memakai pakaian longgar dan menghindari pakaian yang sempit
  • Bunda tidak harus tidur dikasur, jika bunda merasa lebih nyaman tidur disofa dengan posisi yang disyaratkan diatas, tentu saja bunda boleh tidur diatas sofa.
  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas pada saat mau tidur, karena makanan ini cenderung membuat kita menjadi mual
  • Sebelum tidur, berusahalah untuk santai, relaks tanpa dibebani pikiran pikiran yang membuat bunda tertekan.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan melalui artikel ini terkait posisi tidur Ibu hamil yang benar dan baik untuk kesehatan bayi bunda.

Mudah mudahan dengan mengetahui informasi ini, bayi bunda bisa lahir dalam keadaan sehat.

Satu hal yang perlu juga dipahami bahwa hamil merupakan ujian berat bagi para Ibu.

Oleh karenanya dibutuhkan spirit yang lebih untuk bisa melewatinya dengan baik.

Perlu dukungan dari orang orang terdekat seperti suami, orang tua ataupun teman teman bunda.

Jika artikel tentang posisi tidur ibu hamil ini bermanfaat, tentu tidak ada salahnya bunda bagikan kepada teman teman bunda yang membutuhkan informasi ini