10 Faktor Penunjang Kecerdasan Anak Dan Balita

28

Ada 10 faktor penunjang kecerdasan anak dan balita yang cukup penting dan sering terlewatkan dari sekian banyak faktor yang menunjang perkembangan otak si kecil.

Bukan hanya kebutuhan fisik anak yang harus diperhatikan, asupan psikologis anak juga tidak kalah pentingnya.

Penunjang Kecerdasan Anak Dan Balita

berikut beberapa hal yang mampu mendukung anak agar semakin pintar dan cerdas yang harus Anda ketahui.

1 ASI eksklusif

ASI eksklusif

Menurut beberapa penelitian, anak yang saat bayi hingga berusia enam bulan selalu mendapatkan ASI eksklusif, bukan hanya memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik, juga cenderung mempunyai tingkat kecerdasan yang juga lebih baik.

2 Olahraga dan makanan sehat

Olahraga dan makanan sehat

Anak yang lebih sehat biasanya cenderung lebih cerdas. Karena itu, Anda harus selalu menjaga kesehatan anak dengan rajin mengajaknya olahraga dan juga berikan selalu asupan makanan yang sehat.

3 Hindari jajanan tidak bermanfaat

Hindari jajanan tidak bermanfaat

Selalu cermat akan apa saja yang dikonsumsi anak. Sebaiknya Anda hindari makanan yang kurang atau tidak bermanfaat, seperti asupan junk food ataupun jajanan pinggir jalan, yang cenderung diragukan kebersihan dan manfaatnya.

4 Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup

Anak dengan waktu beristirahat ataupun jam tidur yang cukup cenderung memiliki tingkat konsentrasi dan juga kecerdasan lebih baik.

Baca Juga :

Ini merupakan salah satu faktor pendukung kecerdasan anak dan balita yang cukup penting.

5 Pentingnya komunikasi

Pentingnya komunikasi

Anak cenderung lebih mudah untuk menangkap apa yang diucapkan oleh orang tuanya, selain membantu dapat menambah kosakata baru, seringlah berkomunikasi dengan anak agar dapat menambah kedekatan buah hati dengan orangtua.

6 Perhatian & kehangatan keluarga

Perhatian & kehangatan keluarga

Kehangatan dan juga kasih sayang orangtua yang selalu diperlihatkan dengan memberi perhatian dapat membantu dalam menjaga kondisi emosi anak, cara mendidik anak dengan keras justru akan memberi dampak buruk bagi anak Anda nantinya.

7 Dampingi anak saat bermain

Dampingi anak saat bermain

Selain mampu menambah kedekatan dengan anak, selalu mendampingi anak saat bermain bisa membantu Anda untuk mengenali minat dan juga potensi anak.

8 Temani saat menonton televisi

Temani anak Anda pada saat menonton televisi. Sebagian film sekarang justru mengajarkan hal-hal yang ternyata kurang baik bagi anak. Jangan lupa memberikan pemahaman kepada anak akan cerita di dalam film, terutama jika sedang menayangkan hal-hal yang baik.

9 Jawablah pertanyaan anak

Setiap menemukan sebuah hal baru, anak akan cenderung bertanya, ‘apa itu?’ atau ‘apa ini?’. Bantulah anak agar memahami semua hal baru dengan memberikan penjelasan yang baik.

Musik yang lembut meningkatkan kecerdasan anak

Sering mendengarkan alunan musik yang berirama lembut mampu menambah tingkat kecerdasan, konsentrasi dan juga ketenangan emosional anak.

Itulah 10 faktor penunjang kecerdasan anak dan balita yang harus diperhatikan. Memang masih banyak faktor lainnya yang tidak disebutkan disini. Sebagai orang tua yang baik, tentu Anda sudah mengetahuinya seperti faktor pendidikan agama dan lainnya.

Demikian informasi menarik seputar Faktor Penunjang Kecerdasan Anak Dan Balita.

Nantikan artikel parenting lainnya dari Pinco.id, ya.

Semoga bermanfaat!