Bingung Memilih Nama Bayi? Bunda Dapat Ikuti 13 Cara Ini

  • Bagikan
Nama Bayi

Setiap orang tua saat menjelang kelahiran dari si kecil pasti sudah mulai untuk mencari dan memilih nama bayi yang bagus dan bermakna baik.

Memilih nama bayi memanglah sesuatu yang susah-susah gampang, apalagi jika Anda ingin nama anak yang unik.

Tentu ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum menentukan nama bayi yang akan digunakan nantinya.

Memilih nama bayi sangatlah penting, apalagi ke depannya nama akan menjadi identitas dari si bayi yang tidak bisa untuk dipisahkan.

Nama bayi yang baik akan menjadi doa dari orang tuanya untuk sang anak.

Begitupula nama yang mengandung arti buruk. Jadi, jangan asal memilih nama bayi, karena di masa mendatang mungkin anak akan merasa rendah karena nama yang diberikan padanya tidak bagus atau memiliki arti yang baik.

Jangan sampai Anda menjadi seperti orang tua jaman dulu yang banyak memberikan nama anak dengan asal padahal mempunyai arti yang buruk karena kurang dan sulitnya mencari informasi mengenai nama-nama bayi yang bagus.

Sekarang Anda bisa lebih mudah mendapatkan nama bayi yang bagus karena bantuan internet yang semakin pesat maupun saat ini sudah banyak buku-buku tentang inspirasi nama yang baik beserta artinya.

Mencari dan memilih nama bayi sendiri juga bisa semakin mudah jika berdasarkan dengan jenis kelamin bayi yang lahir nanti.

Baca Juga : 108 Nama Anak Perempuan Dengan Artinya Beragam Makna

Jadi, jika Anda sudah mengetahui apa jenis kelamin bayi, Anda bisa mencari mulai saat itu nama-nama yang cocok.

Misalnya jika anak Anda laki-laki, Anda bisa mulai mencari rekomendasi nama bayi laki-laki keren, nama bayi laki-laki indah, hingga nama bayi laki laki islam untuk Anda yang beragama islam.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika memilih nama bayi sangatlah penting.

Ada beberapa hal yang bisa dikatakan menjadi alasan dan pengaruh harus memberikan nama yang baik pada anak.

Tentu saja alasan tersebut yang membuat pemilihan nama haruslah dipikirkan secara matang dan tidak bisa asal.

Nah, apa saja hal atau alasan yang membuat pemilihan dan pemberian nama bayi yang baik itu sangat penting?

Memilih Nama Bayi yang Baik

1. Nama adalah Doa

Orang tua tentu tidak ingin untuk mendoakan anaknya yang buruk-buruk.

Mendoakan hal yang baik pada anak bisa Anda wujudkan dengan memberi nama anak yang baik pula.

Maka dari itu, memilih lalu memberi nama anak yang punya arti baik merupakan kewajiban bagi orang tua.

Entah namanya nanti yang akan diberikan dari Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, atau Bahasa asing lainnya, yang paling penting adalah nama tersebut memiliki arti kebaikan dan bisa menjadi doa bagi anak Anda.

2. Nama Dapat Meningkatkan Percaya Diri

Nama dapat memberikan pengaruh pada seorang anak ketika tumbuh besar nantinya, terutama dalam perkumpulan sosial.

Ada banyak orang yang mengganti namanya, lalu menggunakan nama samaran karena merasa tidak percaya diri dengan nama aslinya.

Meskipun ada juga beberapa yang menggunakan nama samaran untuk menutupi identitas yang tidak boleh diketahui siapapun.

Namun, memberi nama anak yang bagus akan membuat anak menjadi lebih percaya diri, apalagi ketika sedang bergaul.

Maka dari itu, Anda sebagai orang tua harus cermat untuk memilih dan memberi nama anak agar mereka kelak menjadi bangga menggunakan nama asli yang Anda berikan.

Nah, itulah alasan-alasan mengapa memilih nama bayi yang baik sangat perlu.

Sebagai orang tua tentu Anda menginginkan semua yang terbaik untuk anak, maka senantiasa didoakan untuk kebaikan mereka.

Untuk itu, berilah nama anak yang tidak hanya bagus namun juga mempunyai arti yang baik agar selalu menjadi doa bagi anak Anda.

Seperti yang diketahui, memberi nama bayi bukanlah sesuatu yang mudah.

Ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang dan baik-baik.

Maka dari itu, apabila Anda masih kebingungan dalam mencari nama bayi yang cocok untuk anak, Anda perlu mengetahui berbagai tips atau cara yang bisa dicoba.

Mungkin saja dengan Anda mengikuti beberapa tips tersebut, Anda akan semakin mudah untuk menentukan nama terbaik bagi bayi Anda yang akan segera lahir.

Untuk itu, di artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut supaya dapat membantu Anda.

Namun sebelum ke sana, mari ketahui lebih dulu mengenai berbagai faktor yang perlu untuk Anda pertimbangkan ketika memilih nama bayi.

Pembahasannya sebagai berikut.

Baca Juga : Bermanfaat, Ini Ide Kado Untuk Bayi Laki-Laki

Faktor Dipertimbangkan Saat Memilih Nama Bayi

Rangkaian Nama Bayi Perempuan

1. Budaya dan Keturunan

Saat ini sudah banyak orang tua yang memberikan nama anak mereka dengan menggambarkan agama yang dianut. Ini tentu tidak menjadi masalah.

Anda bisa melihat koleksi maupun rekomendasi nama bayi yang sesuai dengan agama yang dipercayai melalui buku ataupun internet.

Misalnya saja jika bayi Anda laki-laki dan Anda menganut agama islam, bisa mencari koleksi nama bayi laki laki islam.

2. Bunyi yang Sesuai

Hal penting selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan ketika menamakan bayi adalah bagaimana nama yang diberikan tersebut terdengar saat diucapkan atau diteriakkan.

Apakah nama tersebut terdengar merdu ataupun malah keras?

Hindarilah untuk menggunakan gabungan nama yang akhiran vokalnya sama dengan nama yang di belakangnya.

3. Inisial dan Nama Panggilan

Banyak orang seperti anak kecil yang tidak peduli dengan perasaan orang lain saat memberikan atau membuat nama panggilan untuk mereka.

Jadi, guna menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda berikan nama yang tidak ada potensi punya preseden yang buruk.

4. Keunikan

Nama yang tidak biasa atau unik memang bisa membedakan anak dari orang lain.

Namun pada sisi lainnya, nama yang unik atau bahkan belum ada yang menggunakannya, akan menarik perhatian yang lebih dari orang lain.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa menggunakan nama yang familiar lebih dahulu untuk nama depan kemudian gabungkan dengan nama unik yang Anda ciptakan.

5. Arti

Anda harus memikirkan arti nama secara matang dan benar-benar.

Hal itu karena seperti yang dikatakan di atas jika nama bisa menjadi sebuah doa.

Jadi, pastikan jika gabungan nama bayi Anda nanti mempunyai arti kebaikan sehingga menjadi doa baik untuk anak tersebut.

6. Nama yang Mirip dengan Nama Saudara ataupun Teman

Cukup banyak orang, bahkan hingga sekarang, yang memberikan nama anak mereka hampir sama dengan saudara, teman atau kerabat yang pernah dikenal.

Hal ini bukanlah sebuah masalah, malah bisa menjadi ide untuk Anda tambahkan di daftar calon nama bayi Anda nantinya.

Nah, setelah mengetahui beberapa faktor di atas, seperti yang dikatakan sebelumnya yang akan dibahas adalah tips memilih nama bayi agar mendapatkan yang paling baik dan mempunyai arti yang juga baik. Berikut pembahasannya.

Tips Memilih Nama Anak yang Baik

Memilih Nama Anak yang Baik

  1. Lakukanlah riset atau pencarian nama dari jauh-jauh hari sebelum bayi Anda lahir. Hal itu akan membuat Anda jadi lebih banyak punya waktu untuk menentukan nama yang paling tepat untuk bayi. Selain itu, Anda juga punya banyak pilihan nama-nama yang baik. 
  2. Perhatikan mengenai nama-nama yang akan masuk daftar pilihan. Pilihlah sebaik mungkin dan jangan memilih hanya karena Anda menyukai nama tersebut namun Anda tidak tahu artinya. 
  3. Bagi Anda yang mempunyai marga, Anda bisa menyesuaikan nama untuk bayi Anda dengan marga yang dimiliki. Dengan begitu nama akan nyaman untuk didengar ketika dipanggil. Nah, bagi Anda yang tidak mempunyai marga, Anda bisa menambahkan nama keluarga di belakang jika menginginkannya. 
  4. Pilihlah nama bayi yang mudah untuk diingat, dilafalkan, maupun ditulis. Hal itu untuk menghindari terjadinya kesalah penulisan nama anak di kedepannya. 
  5. Pilih nama bayi yang tidak terlalu panjang ataupun pendek. Nama yang terlalu panjang bisa membuat kesulitan dalam penulisan di berbagai dokumen penting. Sedangkan nama yang terlalu pendek bisa menyebabkan identitas tertukar dengan anak atau orang lain. 
  6. Jika Anda ingin untuk memadukan nama-nama seperti nama islami dengan nama tradisional daerah, Anda harus memperhatikan kesesuaian dari nama-nama tersebut agar cocok dan mudah untuk dilafalkan, ditulis atau dihapal. 
  7. Pilih nama yang sesuai dengan jenis kelamin bayi Anda jika sudah mengetahuinya. Namun, jika Anda belum mengetahuinya atau sengaja ingin ada kejutan untuk nanti saat lahir, Anda bisa menyiapkan dua nama untuk anak laki-laki dan anak perempuan atau Anda bisa memilih nama yang dapat untuk digunakan anak laki-laki ataupun anak perempuan. 
  8. Catatlah semua ide nama yang muncul dalam pikiran Anda. Apakah Anda ingin nama anak seperti nama pemimpin negara, ilmuwan, atau yang lain. Lalu apakah Anda ingin menggunakan nama-nama anak yang religius. Apakah Anda ingin nama anak mempunyai makna yang tertentu? Tulislah semua itu di buku daftar nama anak yang Anda buat sehingga semakin banyak referensi yang bisa Anda gunakan. 
  9. Manfaatkan kemajuan internet untuk mencari nama-nama anak yang baik dan juga unik. Lalu tambahkan nama-nama menarik yang Anda temukan di sana ke dalam daftar calon nama anak Anda nantinya. 
  10. Gantilah sebagian huruf. Jika Anda sudah mempunyai beberapa nama yang ingin diberikan pada anak nantinya, Anda bisa mencoba untuk mengganti sebagian huruf dari nama-nama tersebut agar mendapatkan nama baru yang tentunya unik. 
  11. Hindari untuk memilih nama yang punya arti negatif di Bahasa lain. Tidak jarang, nama bayi yang sudah dipersiapkan mempunyai arti yang kurang baik atau bahkan sangat buruk di Bahasa lain atau Bahasa asing. Maka, Anda harus berhati-hati sekali dan mencari secara cermat atau jika perlu Anda mencari arti dari nama yang sudah dipersiapkan di berbagai Bahasa di dunia. 
  12. Hindari untuk memberikan nama dengan kata berkonotasi negatif. Anda harus benar-benar memikirkan nama bayi yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diplesetkan menjadi sesuatu yang tidak baik nantinya. Hal itu karena bisa saja menjadi bahan olok-olokan untuk anak ketika mereka bersekolah atau berada di lingkungan sosial. 
  13. Ingatlah jika nama yang akan Anda berikan kepada anak mempengaruhi rasa percaya diri mereka. Jadi, Anda tidak bisa asal memberikan nama yang unik namun malah bisa membuat anak menjadi kurang percaya diri atau rendah di masa yang akan datang. 

Di dalam agama islam, menentukan nama untuk bayi atau anak juga mempunyai aturan tersendiri.

Hal itu bertujuan agar nama bisa menjadi doa bagi anak nantinya.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga untuk menghindari berbagai hal buruk di masa depan.

Nah, lalu bagaimana tips memilih nama bayi dalam islam? Jika Anda benar-benar ingin mengetahuinya, berikut adalah hal tersebut.

Tips Memilih Nama Bayi dalam Islam

Tips Memilih Nama Bayi dalam Islam

  1. Memberikan nama untuk anak dengan dua suku kata
  2. Memberikan nama anak yang mempunyai arti atau makna yang mendalam
  3. Memberikan nama pada anak dengan nama-nama Asma’ul Husna (penghambaan kepada Allah)
  4. Memberikan nama anak yang memiliki kesan
  5. Memberikan nama anak dengan nama-nama Nabi
  6. Tidak Memberikan nama anak dengan nama-nama yang dibenci oleh Allah

Sebenarnya mendapatkan nama untuk bayi atau anak Anda idenya bisa berasal dari mana saja.

Apalagi sekarang ini sudah semakin banyak referensi yang bisa Anda gunakan untuk mencarinya.

Misalnya saja beberapa hal berikut yang bisa menjadi sumber ide bagi Anda untuk mencari nama bayi.

1. Film 

Apakah Anda suka menonton film? Adakah judul-judul film yang Anda sangat menyukainya dan menjadi yang terfavorit di antara yang lainnya?

Jika Anda mempunyai film favorit dan ada nama karakter atau pemain yang Anda sukai,

Nama tersebut bisa dijadikan sebagai ide untuk menamai bayi Anda nantinya atau Anda bisa memasukkannya lebih dahulu ke daftar calon nama anak yang sudah dibuat.

2. Buku

Saat ini ada banyak sekali buku-buku nama bayi dijual di pasaran yang isinya tentang nama-nama bayi serta artinya.

Nah, Anda bisa membeli salah satu atau beberapa dari buku tersebut, lalu mencari dan mencatat nama-nama yang menurut Anda menarik, unik dan juga mempunyai arti yang bagus.

3. Internet

Sekarang ini internet sudah seperti sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan, terutama untuk mencari informasi.

Banyak orang mencari berbagai macam informasi, berita, hingga ilmu pengetahuan di internet.

Begitupula ketika Anda sedang bingung mencari nama untuk bayi Anda yang akan segera lahir, bisa mencarinya di internet.

Sudah banyak sekali artikel yang beredar di internet yang merekomendasikan nama-nama untuk bayi baik laki-laki maupun bayi perempuan dengan nama yang unik, menarik, dan juga berarti atau bermakna baik.

Bahkan sekarang juga semakin banyak aplikasi maupun tool untuk mencari nama anak dengan arti dari berbagai Bahasa di dunia.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencari nama bayi dari internet.

4. Nama Keluarga

Nama keluarga memang bisa menjadi bagian dari rangkaian nama untuk bayi Anda.

Biasanya nama ini akan diletakkan pada bagian belakang. Pemberian nama belakang ini bisa menjadi identitas yang jelas bagi bayi nantinya ketika sudah dewasa.

Saat ini ada beberapa keluarga yang membuat nama-nama dengan abjad tertentu untuk nama awal sehingga menunjukkan ciri tersendiri.

Nah, itu juga bisa menjadi ide untuk Anda, misalnya jika keluarga Anda banyak yang menggunakan nama dengan abjad A di awal, maka Anda bisa menamakan anak dengan nama awal dari abjad itu juga.

Demikian pembahasan di artikel ini mengenai cara memilih nama bayi yang baik.

Sekarang ini tidak perlu bingung mencari referensi nama-nama bayi karena sudah banyak sumber yang bisa membantu.

Jadi, apabila Anda ingin mencari nama bayi laki laki islam misalnya, Anda bisa mencari di buku-buku maupun website rekomendasi nama bayi islam, begitupula yang lainnya.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Nama Bayi
You have reacted on“Bingung Memilih Nama Bayi? Bunda Dapat Ikuti 13…” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!