6 Manfaat Susu kedelai Untuk Kesehatan Yang Pelu Kamu Ketahui

  • Bagikan
Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari biji kacang kedelai. Susu kedelai biasanya diberikan bagi anak atau orang yang alergi terhadap susu sapi. Susu kedelai juga biasanya digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi orang yang menganut pola makan vegan.

Namun tahukah kamu bahwa ada banyak sekali manfaat susu kedelai bagi tubuh? Simak penjelasannya berikut.

Susu Kedelai Dianggap Kurang Gizi Tinggi

Susu Kedelai Dianggap Kurang Gizi Tinggi
Gambar oleh Couleur dari Pixabay

Selama ini banyak orang memilih menggunakan susu kedelai sebagai alternatif pengganti susu sapi Karena tidak ada pilihan lain.

Banyak orang ragu untuk rutin mengonsumsi susu kedelai karena dianggap memiliki nilai gizi yang lebih rendah dari pada susu sapi.

Baca Juga : Manfaat Susu Beruang Untuk Tubuh

Bahkan tidak jarang orang memilih memaksakan anaknya untuk minum susu sapi walau dalam jumlah kecil meskipun alergi.

Padahal kenyataannya susu kedelai juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Satu gelas susu kedelai murni tanpa tambahan pemanis mengandung 100 kalori dengan 4 gram karbohidrat, 54 gram lemak dan 7 gram protein.

Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai tidak mengandung kolesterol, laktosa dan sangat rendah lemak jenuh. Sehingga manfaat susu kedelai sangat baik bagi tubuh.

Manfaat Susu Kedelai

1. Menurunkan Kolesterol

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa susu kedelai tidak mengandung kolesterol. Oleh sebab itu, dengan rutin minum susu kedelai maka kamu akan merasakan manfaat susu kedelai yang satu ini.

Dimana kadar kolesterol dalam tubuh akan berangsur – angsur menurun namun dengan catatan pola makan juga harus dijaga dengan baik.

Dengan demikian kamu akan terbesar dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung.

2. Baik Untuk Kesuburan

Manfaat susu kedelai juga digunakan dalam produk kesuburan wanita. Pada dasarnya, susu kedelai mengandung fitokimia yang dapat mengurangi kadar zat kimia dari penggunaan bahan plastik (BPA) yang memengaruhi tingkat kesuburan wanita.

Oleh sebab itu, wanita yang sedang menjalani program kehamilan sebaiknya rutin meminum susu kedelai.

3. Susu kedelai juga memiliki kandungan isoflavon.

Kandungan ini memiliki manfaat yang baik untuk mencegah menopause. Isoflavon pada susu kedelai mampu meningkatkan pertumbuhan hormon estrogen pada wanita. Sehingga manfaat susu kedelai juga sangat baik untuk mencegah menopause pada wanita.

4. Manfaat susu kedelai Meningkatkan Fungsi Sel Darah Merah

Manfaat susu kedelai Meningkatkan Fungsi Sel Darah Merah
Gambar oleh Narupon Promvichai dari Pixabay

Fungsi dari sel darah merah ialah untuk mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Untuk dapat berfungsi dengan baik, diperlukan zat besi sebagai pendukung. Susu kedelai mengandung 1.1 mg zat besi yang sangat cukup untuk membantu sel darah merah agar mampu berfungsi secara optimal.

5. Baik Untuk Kecantikan Kulit dan Menurunkan Berat Badan

Baik Untuk Kecantikan Kulit dan Menurunkan Berat Badan
Gambar oleh happyveganfit dari Pixabay

Beberapa penelitian mengatakan bahwa rutin mengonsumsi susu kedelai mampu mencegah kulit dari penuaan dini. Kandungan nutrisi dan serat yang tinggi pada susu kedelai juga mampu menunjang program diet penurunan berat badan.

Dengan pola makan yang sehat serta ditambah meminum susu kedelai, maka program penurunan berat badan akan berjalan dengan lebih baik.

6. Susu kedelai juga dapat menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.

Dengan rutin minum susu kedelai, maka kesuburan rambut akan meningkat sehingga bisa mencegah terjadinya kebotakan. Selain itu, tekanan darah juga akan menjadi lebih lancar.

Itulah tadi segudang manfaat dari susu kedelai. Kesimpulannya, susu kedelai memiliki nutrisi yang tinggi.

Susu kedelai juga merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kandungan nutrisi susu kedelai juga tidak kalah dengan susu sapi.

Minum susu kedelai dengan didukung makanan sehat bergizi seimbang sangat baik dan banyak manfaatnya bagi tubuh. Jadi, jangan ragu untuk minum susu kedelai mulai dari sekarang.

  • Bagikan