7 Manfaat Senam Hamil Untuk Melancarkan Persalinan

  • Bagikan
Manfaat Senam Hamil

Manfaat Senam Hamil – Kehamilan adalah suatu proses yang pasti akan dilalui setiap wanita. Sedangkan kehamilan itu sendiri terjadi karena adanya pembuahan sperma pada ovum yang matang hingga berkembang menjadi janin yang menempel pada dinding rahim wanita.

Kehadiran seorang anak akan memang akan membuat keluarga menjadi terasa lengkap dan sempurna, untuk itu tidak jarang banyak hal yang dilakukan guna mewujudkan keinginan akan hadirnya buah hati tercinta.

Ketika masa kehamilan itu tiba, setiap pasangan pasti berupaya menjaga kondisi kandungan agar proses kehamilan dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

Pada saat hamil menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan selama kehamilan merupakan prioritas utama yang harus dilakukan, oleh karena ibu sangatlah penting menjaga kebugaran fisik dari calon ibu.

Semua calon ibu pastinya ingin menjalani proses melahirkan yang normal dan lancar.

Namun lancarnya suatu proses persalinan juga sangat berpengaruh terhadap beberapa faktor yaitu salah satunya mengkonsumsi makanan sehat dan suplemen ibu hamil, istirahat cukup, serta menjalani olahraga atau senam hamil.

Senam Hamil adalah senam yang merupakan suatu bentuk latihan untuk memperkuat dan mempertahankan kelenturan dari dinding perut beserta otot-otot dasar panggul yang nantinya bermanfaat untuk mempermudah proses persalinan normal.

Selain itu senam hamil juga berguna untuk meningkatkan kebugaran serta kesiapan fisik calon ibu yang hendak menjalani proses persalinan.

Senam hamil yang dilakukan secara rutin juga akan berpengaruh positif bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Pada masa kehamilan biasanya ibu hamil sering mengalami perubahan baik secara fisik maupun mental, dengan emosi yang labil terkadang naik kadang juga turun.

Hal ini biasanya disebabkan karena perubahan hormon saat kehamilan.

Namun tak hanya itu, biasanya ibu hamil juga sering mencemaskan saat-saat persalinan yang akan terjadi. Sehingga solusi yang tepat untuk mengurangi perasaan cemas tersebut yaitu dengan menjalankan senam hamil.

Senam hamil biasanya dimulai sejak usia dini, namun biasanya di lakukan pada saat masa kehamilan memasuki trisemester ketiga, yaitu sekitar usia 28-30 minggu kehamilan.

Namun sayangnya tidak semua ibu hamil dapat melakukan senam ini bagi wanita hamil yang memiliki riwayat pendarahan selama masa kehamilan, riwayat melahirkan secara prematur,

Riwayat kontraksi selama kehamilan serta ibu hamil yang memiliki resiko mengalami komplikasi, tidak diperbolehkan untuk mengikuti senam hamil karena melakukan senam hamil hanya akan memperbesar resiko keguguran.

Melakukan persalinan dengan lancar dan sehat adalah harapan besar para calon ibu yang hendak menantikan kelahiran bayi yang dikandungnya.

Baca Juga :

Untuk itu apabila kondisi ibu dalam keadaan sehat, lakukanlah senam hamil dalam keadaan rutin. Karena dampak positif dari senam hamil yang dilakukan akan dapat dirasakan sejak dini.

Manfaat senam hamil

1. Memperkuat Kelenturan Otot

Memperkuat Kelenturan Otot

Biasanya seseorang yang sedang mengalami masa kehamilan sering mengalami rasa nyeri pada perut dan bokong.

Salah satu manfaat senam hamil yaitu dapat memperkuat elastisitas beberapa otot pada dinding perut sehingga akan mengurangi rasa nyeri pada perut dan bokong.

2. Melatih Teknik Pernapasan

Melatih Teknik Pernapasan

Manfaat senam hamil selanjutnya Teknik pernapasan yang baik pada saat proses persalinan akan diperoleh apabila anda melakukan senam hamil secara rutin

Sehingga disini anda tidak perlu khawatir kekurangan asupan oksigen ke dalam tubuh dan janin, karena anda sudah menguasai teknik pernafasan yang benar.

3. Persalinan Menjadi Lebih Cepat

Persalinan Menjadi Lebih Cepat

Pada kenyataanya menjalani proses kehamilan memang dibutuhkan proses dan bukanlah hal yang mudah.

Namun untuk meminimalisir lambatnya persalinan yang cukup beresiko bagi ibu dan bayi, senam hamil merupakan salah satu cara yang harus dilakukan sebelum proses persalinan tiba.

Agar dapat melahirkan dengan lancar senam hamil dapat dilakuakn secara rutin.

4. Melatih Relaksasi

Kebanyakan bagi mereka para wanita yang sedang menanti proses kelahiran pasti sering dilanda rasa cemas dan takut.

Terutama bagi mereka yang baru menjalani proses kelahiran pertama.

Pada saat ingin menjalani proses melahirkan, umumnya ibu hamil harus dalam keadaan rileks, tenang, dan yakin bahwa ia dapat melahirkan bayinya dengan normal dan sehat.

Sehingga untuk mengatasi rasa sakit maupun ketegangan selama proses kehamilan melakukan senam hamil dapat dijadikan solusi untuk melatih relaksasi ibu hamil dan ini bagian dari manfaat senam hamil.

5. Mengurangi Keluhan

Manfaat senam hamil  Untuk para wanita yang baru pertama kali menjalankan masa kehamilan, pastinya akan merasa minder dan tidak percaya diri melihat bentuk tubuhnya yang mengalami perubahan secara drastis.

Perubahan tubuh yang semakin besar saat hamil biasanya dipengaruhi oleh faktor hormonal, namun lambat laun setelah proses melahirkan tubuh akan kembali pada bentuk yang normal.

Suatu solusi yang dapat dijadikan pemecahan masalah guna mengatasi keluhan tersebut yaitu dengan melakukan senam hamil selama masa kehamilan berlangsung.

Karena senam hamil dapat membantu megurangi keluhan terhadap perubahan bentuk tubuh.

6. Memperbaiki Mood Serta Pola Tidur Ibu Hamil

Perubahan bentuk perut yang semakin membesar apalagi pada saat memasuki usia kandungan 8 hingga 9 bulan sering kali wanita hamil mengalami perubahan mood yang drastis, sehingga jam tidur yang tidak sehat pun akan sangat berpengaruh terhadap istirahatnya.

Untuk itu senam hamil sangat berguna untuk membuat anda merasa rileks, sehingga perasaan anda pun bisa menjadi lebih tenang dan nyaman.

Dan ketika anda merasa rileks, tenang dan nyaman, pola tidur anda pasti juga akan menjadi lebih baik ini adalah bagian dari manfaat senam hamil .

7. Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

Manfaat senam hamil akan sangat berpengaruh terhadap teknik pernafasan yang benar sehingga akan memiliki otot-otot yang sudah terlatih untuk bisa mengejan dengan baik.

Hal tersebutlah yang mampu mengurangi rasa sakit saat menjalani masa persalinan normal.

Demikianlah banyaknya manfaat senam hamil untuk melancarkan persalinan.

Semoga artikel manfaat senam hamil ini dapat bermanfaat serta berguna bagi si pembaca dalam menjalani masa persalinan pertama yang lancar, cepat, dan normal.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Manfaat Senam Hamil
You have reacted on“7 Manfaat Senam Hamil Untuk Melancarkan Persalinan” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!