Inilah 5 Manfaat Lobak untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
manfaat lobak

Manfaat lobak bagi ibu hamil sangat baik Menjaga kesehatan selama kehamilan merupakan hal yang harus sangat diperhatikan. Sehingga akan membantu untuk melewati kehamilan dengan sehat dan bisa menjaga ibu hamil dan janin tetap sehat hingga masa persalinan.

Salah satu cara menjaga kesehatan tersebut adalah rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil.

Seperti lobak yang mempunyai kandungan bermanfaat untuk ibu hamil. Lobak mempunyai kandungan kalium, fosfor, zinc, zat besi, dan beragam vitamin mulai dari folat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

Manfaat Lobak Untuk Ibu Hamil

Manfaat Lobak Untuk Ibu Hamil

Berbagai kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan meringankan gangguan kesehatan yang dirasakan oleh ibu hamil.

Meringankan Keluhan Kram Kaki

kram kaki

Manfaat lobak pertama untuk ibu hamil adalah dapat meringankan keluhan kram kaki.

Keluhan ini akan sering dialami oleh ibu hamil yang dapat membuat rasa tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk meringankan keluhan kram kaki bisa mengonsumsi lobak yang mempunyai kandungan magnesium dan kalium, sehingga akan mencukupi kebutuhan ibu hamil.

Mengontrol Berat Badan

berat badan ibu hamil

Karena kehamilan juga akan membuat berat ibu hamil menjadi bertambah maka untuk mengontrolnya agar tidak berlebih Anda bisa mengkonsumsi lobak.

Karena lobak merupakan jenis makanan yang tepat untuk mengontrol kenaikan berat badan karena mempunyai kandungan kalori yang tidak tinggi.

Selain itu gizi lain yang dipunyai juga bermanfaat untuk memberikan manfaat kesehatan yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan Pencernaan

Saat hamil akan lebih mudah untuk mengalami gangguan pencernaan. Hal tersebut bisa terjadi karena perubahan hormon dan juga pola makan.

Sehingga membuat lebih mudah mengalami gangguan yang menyerang pencernaan. Jenis yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau susah buang air besar.

Untuk mengatasi sembelit, ibu hamil bisa mengonsumsi masakan dari bahan lobak. Sayuran lobak mempunyai kandungan banyak air dan serat yang tinggi.

Sehingga bisa bermanfaat untuk mengobati sembelit secara alami dan mencegah mengalami sembelit saat hamil.

Baca Juga : 5 Metode Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Tepat

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sekali lagi karena masalah hormon yang berubah, hal tersebut juga berakibat pada daya tahan tubuh ibu hamil yang tidak stabil. Sehingga juga membuat ibu hamil lebih rentan terkena virus atu infeksi yang dapat mengganggu kesehatan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka pastikan untuk menjaga kesehatan dengan baik dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi makanan seperti lobak yang kaya akan vitamin C yang dikenal mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga ibu hamil tidak mudah sakit. Manfaat lobak mempunyai Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu dan mendukung tumbuh kembang janin agar lebih sehat.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lobak bagi kesehatan terakhir mengonsumsi lobak bagi ibu hamil adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Manfaat lobak ini akan sangat membantu ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional.

Dengan menurunkan kadar gula darah dan membuatnya lebih terkontrol, maka hal tersebut juga akan dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan ukuran yang terlalu besar.

Sehingga mengonsumsi lobak secara teratur juga akan membantu untuk memperlancar proses melahirkan nantinya.

Ibu hamil bisa mengolah lobak dengan berbagai makanan yang sehat dan dipadukan dengan bahan sehat lainnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan memilih bahan lobak yang masih segar seperti yang ditawarkan di TaniHub.

Belanja secara online di TaniHub juga memudahkan ibu hamil agar tidak perlu keluar membeli lobak dan keperluan bahan makanan lainnya. Karena bisa dibeli secara online dan bisa mendapatkannya dengan pengiriman 1 hari saja sampai rumah.

  • Bagikan