9 Rekomendasi Mainan Anak yang Terfavorit Dan Terbaik

  • Bagikan
mainan anak
Sumber : Pixabay

Sadarkah Anda bahwa seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa menemukan semakin banyak mainan?

Hal ini berbeda dengan zaman dahulu, di mana mainan anak paling umum dibedakan hanya berdasarkan fungsi atau cara kerjanya saja.

Sementara sekarang, mainan yang beredar di pasaran bisa dengan mudah dibedakan berdasarkan tema atau karakter apa yang melekat pada mainan tersebut.

Di samping itu, karakter atau tema yang ada pada mainan anak tersebut merupakan sesuatu yang sangat digemari anak-anak.

Contoh paling mudah adalah karakter atau acara kartun favorit, seperti Doraemon, Spongebob, Tayo, dan My Little Pony.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

Karena itu, ketika Anda mencari mainan baru di toko, yang Anda tanyakan atau cari adalah: di mana mainan anak Ultraman atau mainan Mini Force?

Sebab, memang tidak diingkari lagi bahwa mainan dengan karakter dari kartun atau acara TV favorit anak-anak lebih mudah menarik perhatian mereka, sehingga cenderung lebih populer.

Beberapa Mainan Anak-Anak

Meski begitu, ketika Anda berbelanja mainan anak-anak, Anda perlu mengingat bahwa sekadar membeli,

misalnya, mainan anak Tayo karena buah hati Anda adalah penggemar para bus lucu dan ramah tersebut masih belum cukup.

Pasalnya, tetap saja ada berbagai jenis mainan Tayo yang bisa Anda temukan, mulai daru miniatur bus sampai boneka.

Ingat bahwa Anda juga perlu membeli mainan berdasarkan kesesuaiannya dengan usia putra-putri Anda.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena berkaitan dengan keamanan dan keselamatan buah hati Anda saat bermain.

Sebagai contoh, mainan seperti miniatur mobil umumnya hanya dianjurkan untuk anak kecil berusia 3 tahun ke atas.

Sebab, ada risiko komponen mainan anak berukuran kecil yang bisa tertelan apabila si kecil tidak diawasi dengan baik saat bermain.

Atau mainan mengandung bahan tertentu yang bisa membahayakan kesehatan anak kecil di bawah 3 tahun apabila dimasukkan ke dalam mulut.

Selain itu, perhatikan juga keamanan mainan dari segi bahan atau materialnya. Mayoritas – kalau bukan semua – mainan diproduksi di Cina.

Dan sayangnya, ada beberapa pabrik atau produsen yang tidak menerapkan standar produksi dan kualitas yang baik,

sehingga menggunakan bahan yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan, seperti cat yang digunakan untuk mewarnai mainan, atau campuran untuk bahan utama mainan tersebut secara umum.

Hal tersebut umumnya dilandasi dengan motif agar mainan dapat dijual dengan harga murah, sehingga tetap laku.

Yang terakhir, pastikan pula Anda sebagai orang tua tidak membiarkan anak-anak bermain tanpa pengawasan Anda.

Hal ini pun sangat penting untuk mencegah risiko terjadinya kecelakaan atau hal-hal tak diinginkan yang bisa membahayakan keselamatan buah hati Anda saat bermain.

Pastikan bahwa mainan digunakan sebagaimana fungsi atau cara kerjanya – misal, mobil Hot Wheels memang dimainkan di atas lantai, bukannya dimasukkan ke mulut.

1. Mainan Anak Tayo

Mainan Tayo
Sumber : fjb.kaskus.co.id

Popularitas Tayo the Little Bus merupakan hasil dari kombinasi acara yang menarik, karakter yang lucu dan menggemaskan, serta lagu tema yang mudah diingat anak-anak.

Bahkan, lagu tema serial TV Tayo the Little Bus juga banyak dikenal dan diingat oleh orang dewasa.

Bagi Anda yang cukup sering menikmati acara ini bersama si kecil, Anda pasti tahu kalau ada banyak karakter di dalam tayangan TV yang satu ini.

Selain para bus lucu yang ramah, ada juga mobil ambulans, mobil pemadam kebakaran, dan mobil penderek. Nah, mainan Tayo sendiri biasa dijual dalam satu set maupun secara terpisah.

Untuk set mainan Tayo, Anda bahkan juga bisa menemukan set yang dilengkapi dengan trek.

Jenis mainannya pun beragam, mulai dari boneka sampai mobil-mobilan yang bisa dijalankan, semuanya ada.

2. Mainan Ultraman

Mainan Ultraman
Sumber : blogunik.com

Tokoh pahlawan super yang satu ini juga pasti sangat familiar bagi Anda karena ada begitu banyak seri Ultraman yang tayang mulai dari tahun 90-an di Indonesia.

Karena itu, tak heran jika Anda bisa temukan berbagai mainan anak figur Ultraman dengan berbagai seri atau nama, karena memang selalu ada Ultraman baru dari tahun ke tahun.

Beberapa di antaranya yang saat ini populer di kalangan anak Indonesia termasuk:

  • Mainan Ultraman Orb

Berbicara soal mainan Ultraman, barangkali mainan figur (action figure) adalah varian yang paling banyak ditemukan.

Akan tetapi, untuk mainan Ultraman zaman sekarang, termasuk mainan Ultraman Orb, variannya sudah semakin banyak!

Contohnya adalah mainan Orb Ring dengan satu set kartu fusion lengkap agar buah hati Anda bisa beraksi seperti Ultraman favoritnya saat bermain.

  • Mainan Ultraman Geed

Sementara itu, untuk seri Ultraman Geed, Anda bisa mengajak si kecil agar imajinasinya berkembang, yang nantinya akan sangat menunjang perkembangkan daya pikirnya kelak.

Sebab, Anda bisa temukan set Geed Riser yang dilengkapi dengan beberapa kapsul agar si kecil bisa “berubah wujud” juga menjadi Ultraman Geed favoritnya!

  • Mainan Ultraman Zero

Ultraman Zero punya desain yang unik dibandingkan para Ultraman lainnya, termasuk Ultraman yang baru sekalipun.

Senjatanya pun tak kalah berbeda, seperti dua bilah pisau melengkung yang membuat gaya bertarung Ultraman sama uniknya.

Nah, Anda bisa dapatkan mainan figur Ultraman Zero lengkap dengan senjatanya, maupun tiruan belatinya dari plastik agar bisa dimainkan buah hati Anda!

  • Mainan Ultraman Ginga

Selain mainan figur Ultraman yang punya proporsi mirip dengan Ultraman aslinya versi TV, ada juga figur dengan proporsi lucu, mirip seperti karakter yang didesain dengan gaya chibi, lho!

Maksudnya, proporsi badannya dibuat terlihat lebih kecil daripada kepalanya, sehingga kepala terlihat sangat besar.

Untuk pajangan yang juga bisa dimainkan, Anda bisa pilih figur Ultraman Ginga versi chibi sebagai hadiah untuk anak!

3. Mainan Hantu

Mainan Hantu
Sumber : id.aliexpress.com

Hantu itu seram? Kata siapa? Sekarang, tidak semua hantu harus merupakan sosok atau makhluk yang menyeramkan dan jahat, kok!

Bahkan, hantu juga bisa bersifat baik dan punya wajah yang lucu, seperti Casper si hantu baik yang pasti sudah sangat familiar bagi Anda.

Selain itu, ada banyak mainan hantu yang didesain agar terlihat lucu, seperti karakter dari serial Scream versi Funko Pop dengan kepala dan mata yang dibuat nampak lebih besar.

Atau misalnya topeng karakter hantu yang bukannya menyeramkan, tapi justru lucu.

4. Mainan My Little Pony

Mainan My Little Pony
Sumber : Tokopedia.com

Siapa yang tak suka dengan serial My Little Pony?

Dalam serial yang menceritakan kisah para kuda poni lucu warna-warni ini pasti mampu memikat buah hati Anda berkat warna-warninya yang menarik, serta para karakter yang lucu nan menggemaskan!

Biasanya, mainan My Little Pony dijual dalam set dengan jumlah yang bervariasi dalam setiap setnya – misalnya 6, 8, atau 10 mainan.

Selain dijual dalam set, mainan My Little Pony pun sering kali juga dilengkapi dengan aksesoris. Misalnya ada mainan set My Little Pony dengan rumah-rumahan, topi, mikrofon, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga mainan My Little Pony dari Play Doh, yang merupakan produsen mainan tanah liat atau lempung yang sudah dijamin aman untuk anakanak.

Seperti yang sudah Anda ketahui, Play Doh dijual dalam berbagai pilihan warna cerah nan cantik, yang pastinya juga cocok dengan warna-warni para poni kecil!

Selain itu, masih ada mainan My Little Pony Equestria Girls, yang meskipun masih merupakan bagian dari seri My Little Pony, para karakternya merupakan versi manusia dari para poni lucu favorit buah hati Anda.

Nah, untuk mainan My Little Pony Equestria Girls, Anda juga bisa temukan banyak varian, termasuk set figur maupun set mainan dengan aksesoris.

5. Mainan Spongebob

Mainan Spongebob
Sumber : Bukalapak.com

Untuk serial dan karakter kartun yang satu ini, pasti Anda juga mengenalnya dengan sangat baik.

Bahkan, serial Spongebob masih tetap jadi tontonan favorit walaupun stasiun TV sudah semakin ketat dalam menyensor tayangannya.

Karena popularitas Spongebob yang sangat tinggi, maka jangan heran kalau Anda bisa menemukan begitu banyak pilihan mainan anak Spongebob di pasaran.

Misalnya boneka karakter, mulai dari Spongebob, Patrick, Squidward, Gary, Mr. Krab, dan sebagainya.

Kemudian, ada juga mainan set minaatur para karakter serial TV dari Nickelodeon ini yang terbuat dari plastik dan bisa digerak-gerakkan.

Sama seperti set mainan dari serial TV lainnya, Anda pun bisa mendapatkan set mainan Spongebob yang dilengkapi dengan aksesoris lainnya.

Biasanya, aksesoris ini ditentukan berdasarkan tema set mainan yang dibuat.

Misalnya, ada set mainan Spongebob dengan tema bajak laut, sehingga miniatur para karakter dilengkapi dengan dandanan dan aksesoris ala bajak laut, plus ada kapal bajak lautnya juga.

Kemudian, ada juga mainan anak Lego edisi Spongebob. Pastinya Anda sudah sangat familiar dengan mainan anak Lego, bukan?

Nah, Anda bisa ajak buah hati untuk “membangun” karakter dari serial Spongebob favoritnya dengan memanfaatkan imajinasinya menggunakan balok-balok Lego.

Tentunya, pastikan bahwa buah hati memainkan Lego dengan pengawasan Anda, ya!

Selain itu, pastikan juga bahwa usia buah hati Anda sudah cukup untuk memainkan mainan anak ini, mengingat risiko tertelan yang sangat besar jika Lego dimainkan oleh anak yang masih terlalu kecil.

Nah, selama Anda bisa memastikan bahwa buah hati memainkan Lego edisi Spongebob dengan aman, maka manfaat mainan yang baik untuk perkembangan sistem motorik anak pun bisa dirasakan.

6. Mainan Power Ranger

Mainan Power Ranger
Sumber : Shopee.co.id

Mirip seperti Ultraman, Power Ranger juga sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia karena seri ini sudah ditayangkan di TV sejak pertengahan tahun 90-an.

Dan sama seperti Ultraman, ada banyak sekali seri Power Ranger yang sudah ditayangkan, sehingga jangan heran juga kalau pilihan mainan Power Ranger yang ada di pasaran terlihat seolah tidak ada habisnya.

Biasanya, mainan Power Ranger yang banyak ditemukan di berbagai toko mainan merupakan mainan figur yang dijual dalam set.

Jumlah karakternya sendiri bervariasi, bergantung pada ada berapa anggota dalam unit Power Rangers tersebut – biasanya berkisar antara 3 sampai 5 orang.

Kemudian, dalam set juga biasanya sudah termasuk aksesoris dan senjata.

Kemudian, ada juga set mainan anak Power Ranger yang juga termasuk karakter musuhnya, sehingga bisa menambah keseruan ketika buah hati Anda memainkannya.

7. Mainan anak Hot Wheels

Mainan Hot Wheels
Sumber : Pixabay

Mainan Hot Wheels juga pasti sudah sangat familiar di telinga Anda, apalagi mengingat bahwa mainan miniatur mobil ini mudah sekali ditemukan di berbagai swalayan.

Biasanya, Anda bisa mendapatkan mainan anak Hot Wheels yang dijual per unit mainan seperti yang sering dijual di toko-toko.

Meski begitu, ada juga mainan Hot Wheels yang dijual dalam bentuk set dan terdiri atas beberapa mobil, yang biasanya masih merupakan satu seri kendaraan.

Selain itu, Anda pun bisa temukan set yang dilengkapi dengan trek yang dapat dirakit dengan mudah agar permainan jadi semakin seru, apalagi jika anak memainkannya bersama dengan teman-temannya dalam sebuah balapan mobil.

Bahkan ada juga set yang khusus hanya untuk trek yang dapat dirakit jadi lintasan balap mobil Hot Wheels super panjang.

Kalau Anda memiliki ruangan kosong tak terpakai di rumah, mengisinya dengan lintasan mobil Hot Wheels bisa jadi ide bagus untuk menambah keseruan bermain bersama anak di rumah, kan?

Selain mobil, mainan Hot Wheels juga ada yang berbentuk truk atau atau mobil Monster Jam yang punya ukuran roda dan ban super besar, lho!

Terlepas dari serinya, mainan Hot Wheels semuanya dibuat berdasarkan kendaraan asli yang memang pernah atau sudah dirilis di dunia nyata.

8. Mainan Pasir

Mainan Pasir

Mainan pasir? Bukannya pasir malah akan membuat rumah kotor, ya? Wah, kalau zaman sekarang, mainan pasir dijamin tidak akan membuat rumah kotor!

Justru, mainan ini akan membuat waktu bermain anakanak Anda semakin seru dan menyenangkan, lho!

Mainan pasir yang dimaksud sebenarnya adalah pasir kinetik, yang 100% terbuat dari bahan yang aman untuk manusia dan bebas dari racun.

Karakter utama dari pasir kinetik adalah bisa saling menempel, sehingga jauh lebih mudah untuk dibentuk!

Contoh pasir kinetik ini bisa Anda temukan di pojok area bermain yang banyak terdapat di mal.

Nah, seperti yang bisa Anda amati, anakanak bisa membuat bentuk apapun dengan pasir kinetik – hewan, kendaraan, rumah, dan sebagainya.

Mainan anak pasir kinetik biasanya dijual juga dalam bentuk set yang terdiri atas pasir, sendok plastik, dan cetakan yang juga terbuat dari bahan plastik yang aman.

Warna pasirnya sendiri beragam, jadi sangat berbeda dibandingkan pasir biasa yang abu-abu gelap kehitaman.

Di samping itu, ada juga yang menjual pasirnya saja dalam satuan kilogram, kalau-kalau Anda membutuhkan tambahan pasir untuk dimainkan putra-putri Anda di rumah.

9. Mainan anak Mini Force

Mainan Mini Force
Sumber : ar.cheaponline2020.net

Mini Force merupakan serial TV yang sekilas mirip seperti Power Rangers, namun karakternya adalah empat hewan yang lucu, namun pemberani.

Keempat hewan tersebut nantinya bisa berubah wujud jadi pahlawan super yang membela makhluk-makhluk lain yang lemah dari ancaman para penjahat.

Selain punya wujud pahlawan super yang berbeda-beda, masing-masing hewan tersebut punya kendaraan mereka sendiri juga.

Jadi, Anda bisa pilih set mainan anak Mini Force yang mana saja sesuai dengan yang diinginkan putra-putri Anda.

Bahkan, ada juga set lengkap yang terdiri atas figur karakter utama dalam wujud hewan, kendaraan mereka, dan figur mereka ketika sudah berubah wujud jadi pahlawan super! Lengkap, kan?

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan anakanak yang saat ini sedang populer. Tentunya masih ada banyak mainan lain di luar sana yang bisa Anda pilih.

Jadi, bebaskan pilihan Anda, sesuai dengan selera buah hati Anda masing-masing,

serta kesesuaiannya dengan usia anak, bahkan jika mainan anak tersebut akan Anda berikan sebagai hadiah kepada orang lain – misal keponakan, anaknya sahabat, dan sebagainya.

Semoga informasi yang pinco.id berikan di atas bermanfaat, dan selamat bermain bersama buah hati kesayangan Anda!

  • Bagikan