2 Peran Inkubator Untuk Bayi Yang Lahir Sebelum HPL

  • Bagikan
Inkubator

Inkubator  sangat penting bagi bayi yang lahir sebelum tanggal yang sudah ditetapkan atau juga disebut HPL. Simak ulasan artikelnya yah bund.

Semua orang tua terutama ibu sangat menginginkan nantinya lahir dengan sempurna. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya lahir ke dunia sebelum tanggal perkiraan lahir atau yang lebih dikenal dengan HPL.

Semua orang tua menginginkan semua bayinya lahir sesuai dan tepat dengan hari perencaan. Namun kembali lagi, semua sudah diatur oleh Sang maha pencipta.

Peran inkubator untuk bayi yang lahir sebelum HPL memang sangat penting. Hal ini telah diteliti oleh sebuah Laboratorium Terbesar di Indonesia.

Namun, jika bayi ternyata lahir ke dunia sebelum tanggal perkiraan lahir.

Maka si bayi akan mengalami beberapa masalah. Untuk meminimalisir dan mengobati masalah pada bayi prematur, maka bayi ditempatkan dalam inkubator.

Bayi diletakkan dalam inkubator kurang lebih 2-7 hari. Hal ini bertujuan untuk memperkuat tubuh si bayi.

Agar tubuh si bayi bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan luar.

Sama seperti bayi lain yang lahir pas sesuai dengan HPL nya. Bayi dalam inkubator akan terus di berikan sinar agar suhu tubuhnya tetap hangat seperti dalam kandungan.

Sinar ini sangat berperan penting untuk perkembangan kesehatan bayi prematur.

Baca Juga : Contoh Surat Cuti Melahirkan Bidan Dan PNS

Didalam alat ini bayi prematur akan menjalani beberapa pemeriksaan serta pengobatan untuk memperkuat sel jaringan dalam tubuhnya.

Si bayi akan terus dipantau 24 jam oleh suster. Suster akan terus mengamati perkembangan si bayi selama dalam kotak inkubator.

Selama berada dalam didalam alat yang seperti tabung ini, orang tua bayi dilarang untuk menemani, dilarang pula untuk menyusui bayinya secara langsung. Hal ini tentu saja menjadi hal yang paling menyedihkan untuk para orang tua terutama ibu.

Tapi, hal ini dilakukan juga demi kesehatan di bayi tersebut. Bayi akan di lepas atau dikeluarkan dari inkubator apabila dirasa bayi prematur ini sudah cukup kuat. Saat bayi sudah mulai kuat, bayi akan dikeluarkan dari inkubator.

Manfaat Inkubator Untuk Bayi Yang Lahir Sebelum HPL

1.Membantu membentuk lemak pada tubuh bayi

Membantu membentuk lemak pada tubuh bayi

Bayi yang lahir prematur belum memiliki lemak yang cukup dalam tubuhnya. Hal ini karena produksi lemak belum pada puncak finalnya. Dan bayi lahir duluan, maka dari itu kadar lemak dalam tubuh sangat sedikit.

Dalam tubuh, lemak juga berfungsi sebagai penghangat. Saat bayi tidak memiliki cukup banyak lemak, maka bayi akan mudah mengalami kedinginan.

Sinar dalam inkubator juga sangat membantu bayi untuk membentuk lemak dengan sempurna.

Saat semua jaringan dalam tubuh bayi sudah baik, tandanya bayi siap untuk di lepas.

2.Membantu proses pernafasan pada bayi

Membantu proses pernafasan pada bayi

Bayi prematur juga mengalami masalah pada pernafasannya. Masalah pernafasan ini terjadi karena saluran dan pembuluh darahnya masih belum siap. Bayi prematur biasanya memang lumayan banyak mengalami banyak masalah.

Maka dari itu, agar bayi tetap bertahan hidup. Si bayi harus diberikan bantuan dalam bernafas.

Biasanya, di dalam inkubator para bayi diberikan selang untuk bernafas dengan lancar. Selangnya sangat kecil dan tipis sehingga nyaman untuk bayi.

Nah, itulah beberapa peran inkubator untuk bayi yang lahir sebelum HPL. Semoga saja semua para calon ibu bisa melahirkan bayi nya sesuai dengan HPL.

Artikel ini bisa digunakan untuk menambah wawasan para calon ibu apa bila bayinya lahir sebelum waktunya. Dan jangan pernah putus asa. Karena kondisi bayi bisa membaik dan sempurna seperti bayi lainnya.

Jika artikel ini bermanfaat buat bunda, kami mengharapkan share artikel ini ke sosial media milik bunda supaya teman-teman bunda bisa mengetahui apa yang dijelaskan diartikel ini, Terima kasih

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Inkubator
You have reacted on“2 Peran Inkubator Untuk Bayi Yang Lahir Sebelum…” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!