Doa Turun Hujan Beserta 3 Keutamaannya

  • Bagikan
Doa Turun Hujan

Indonesia merupakan negara tropis yang mempunyai dua musim, ada musim hujan dan musim kemarau.

Nah, ketika musim hujan tiba, jangan lupa untuk memanjatkan doa turun hujan ya bund. Tentu saja ada banyak keutamaan yang bisa bunda dapatkan ketika membaca doa ini.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Doa Turun Hujan

Doa hujan

Ada sebagian orang yang memaknai musim hujan ini sebagai musim yang banyak mendatangkan manfaat untuk kehidupan.

Tetapi tidak jarang pula hujan adalah salah satu malapetaka untuk sebagian orang yang dapat menyebabkan bencana.

Ya, salah satu bencana tersebut adalah banjir. Walaupun hal ini bukan sepenuhnya terjadi karena bencana alam, ya bund.

Karena sebenarnya manusia juga dapat menyiasatinya dengan cara membangun sistem drainase.

Selain adanya upaya yang dilakukan secara fisik agar dapat membangun sistem pengairan, maka bunda juga harus berdoa supaya hujan yang turun bisa menjadi berkah.

Tentu saja, bacaan doa turun hujan ini dimaksudkan supaya meminta kepada Allah agar hujan yang diturunkan bisa membawa kebaikan, bukan bencana.

Selain itu ketika tibanya musim kemarau yang panjang, pasti orang-orang sangat menginginkan turunnya hujan supaya suhu dan urusannya bisa menjadi lebih mudah.

Nah, apakah bunda juga seperti itu? Namun tahukah bunda seperti apa doanya? Berikut merupakan doa turun hujan yang harus bunda ketahui.

“Allahumma shoyyiban nafi’an”

Artinya adalah:Ya Allah turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat”.

Keutamaan saat Turun Hujan

Keutamaan saat Turun Hujan

Tatkala hujan tiba, ada sebagian orang yang merasa gelisah. Terlebih lagi ketika hujan yang turun dirasa sangat mengganggu aktivitasnya, karena mungkin ada janji, meeting, dan sebagainya.

Jika sudah seperti ini, pastinya akan timbul rasa mengeluh dan mengeluh.

Wah, hal ini tidak boleh ditiru ya, bun? Mengapa? Karena jika bunda bisa memahami dan merenungi hadist-hadist dari Rasulullah SAW, turunnya hujan merupakan saat mustajab untuk berdoa, lho.

Hal ini berarti doa turun hujan yang dipanjatkan akan semakin mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Adapun keutamaan ketika turun hujan adalah sebagai berikut.

Baca Juga : 10 Doa untuk Orang Sakit agar Lekas Sembuh Bahasa Indonesia

Ikhtiar supaya Mendapatkan Berkah

Perlu diketahui bahwa berdoa ketika hujan turun adalah ikhtiar bunda kepada Allah SWT supaya hujan yang turun bisa memberikan banyak manfaat maupun keberkahan dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Seringkali hujan yang turun cukup lebat bisa menjadi bencana lho, bund.

Nah, supaya hal-hal seperti itu tidak terjadi, maka tidak hanya melakukan usaha secara fisik atau yang konkrit saja, tetapi diperlukan juga doa.

Mencegah Malapetaka

Sudah jelas bahwa hujan yang turun cukup lebat, bahkan tiada hentinya juga dimaknai sebagian orang sebagai peringatan maupun azab dari Allah sampai munculnya malapetaka seperti longsor, bencana banjir, dan lain sebagainya.

Untuk itu, jika bunda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka berdiam ketika turun hujan merupakan cara negosiasi yang paling baik dari seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

Mensyukuri Nikmat

Terkadang ada sebagian orang yang menempatkan dunia ini sebagai tempat untuk mengeluh, nah begitu pula dengan hujan yang turun, yang sebenarnya adalah limpahan rizki yang berasal dari Allah SWT.

Ketika bunda berdoa saat hujan turun, maka hal ini dapat membantu mengingatkan bunda jika hujan merupakan bentuk nikmat yang harus disyukuri, bahkan tidak sepatutnya dikeluhkan.

Semoga hujan yang turun ini bisa membuat bunda semakin bersyukur ya. Dan jangan lupa untuk memanjatkan doa ketika turun hujan agar keinginan bunda bisa tercapai.

  • Bagikan