Doa Sholat Tahajud Beserta 4 Manfaat Sholat Tahajud

  • Bagikan
Doa Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah dimana dilakukan pada malam hari. Didalam bahasa arab sendiri, sholat tahajud ini sendiri dikenal dengan Sholatun Lail dimana mempunyai arti Sholat malam.

Sholat yang satu inipun ternyata sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sebelum melakukan sholat ini, Bunda harus mengetahui doa sholat Tahajud pun karena sangat dianjurkan.

Untuk pelaksanaannya sendiri, sholat ini biasanya akan dikerjakan pada waktu sepertiga malam hingga sebelum waktu subuh.

Adapun waktu sholat kira-kira adalah mulai pukul 1 dini hari hingga 4 fajar sebelum memasuki waktu subuh. Selain itu, dianjurkan juga untuk melaksanakan setelah bangun tidur di malam hari.

Walaupun demikian, masih ada beberapa ulama yang memiliki pendapat apabila sholat Tahajud dapat dilaksanakan tanpa tidur terlebih dahulu.

Mengerjakan sholat sunnah inipun ternyata sangat dianjurkan oleh Allah karena dapat memberikan pahala yang cukup berlimpah kepada orang yang melaksanakannya.

Untuk para bunda yang ingin mengerjakan sholat ini, berikut doa sholat Tahajud yang wajib diketahui.

Doa Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Sholat Tahajud sendiri dapat di laksanakan minimal 2 rakaat. Dan tata cara untuk melaksanakanpun ternyata juga sama dengan sholat fardu dan yang membedakan terletak dalam niat ketika sholat.

Untuk memulainya, bunda dapat membaca niat Sholat Tahajud terlebih dahulu

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bahasa latinnya :

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Mengucapkan takbir, membaca doa Iftitah, membaca Al-Fatihah dan surat pendek seperti sholat sunnah pada umumnya. Setelah bunda melaksanakan sholat Tahajud, maka dianjurkan untuk membaca doa sholat ini.

Hal ini pun ternyata diperintahkan oleh Allah didalam surat Al-Ahzab ayat 41-42 yang berbunyi.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اذۡكُرُوۡا اللّٰهَ ذِكۡرًا كَثِيۡرًا

41. Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya,

وَّ سَبِّحُوۡهُ بُكۡرَةً وَّاَصِيۡلًا

42. dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.

dimana didalam surt ini dijelaskan meminta orang-orang yang beriman untuk berdzikir kepada Allah sebanyak-banyaknya. Dan bertasbil kepada Allah di waktu pagi dan petang.

adapun doa sholat tahajud dapat berupa kebaikan-kebaikan di dalam kehidupan. Dan percaya bahwa Allah merupakan maha benar dan tempat untuk kembali dan mengadu.

Doa sholat tahajud, Berikut ini yang merupakan doa Rasulullah SAW seperti diriwayatkan Bukhari dan Muslim:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bahasa Latinnya : 

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna.

Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna.

Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq.

Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ’atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu.

Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu.

Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a’lantu, wa mâ anta a’lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya,

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar.

Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar.

Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali.

Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian,

dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku.

Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Dengan membaca doa itulah maka diharapkan, bunda dapat mendapatkan manfaat dibaliknya.

Baca Juga Yah bund : 10 Doa untuk Orang Sakit agar Lekas Sembuh Bahasa Indonesia

Manfaat Sholat Tahajud

Manfaat Sholat Tahajud

Dengan sholat Tahajud secara rutin inilah, bunda juga dapat memperoleh segudang manfaat yang ada didalamnya.

Adapun manfaat dari sholat sunnah yang satu ini diantaranya adalah :

1. Dapat menentramkan hati dan pikiran

Manfaat pertama yang akan didapatkan oleh bunda dari Sholat sunnah ini adalah dapat menentramkan hati dan pikiran.

Dengan pikiran yang tentram itulah maka bunda dapat menjalani hidup dengan baik dan mengambil sisi positif apabila sedang terkena musibah ataupun masalah.

2. Sebagai penghapus dosa

Dengan melaksanakan dan diakhiri dengan doa sholat tahajud ternyata juga dapat menjadi penghapus dosa.

Hal ini bukan tanpa alasan karena sholat sunnah inipun ternyata menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan mendekatkan diri kepada Allah inilah maka dosa-dosa akan diampuni.

3. Doa akan dikabulkan

Manfaat lainnya dari sholat Tahajud adalah doa akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Terlebih lagi jika seseorang melaksanakan sholat ini di waktu utamanya yakni di sepertiga malam terakhir. Hal inipun ternyata sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW.

4. Sebagai jembatan untuk masuk surga

Terakhir, dengan sholat tahajud inilah ternyata juga dapat menjadi jembatan untuk masuk surga.

Selain itu dengan sholat sunnah inipun juga akan meringankan ketika di hari hisab nanti.

Membaca doa sholat Tahajud ternyata cukup dianjurkan agar memperoleh manfaat yang ada didalamnya.

Sholat sunnah inipun juga menjadi salah satu amalan terbaik yang bisa bunda kerjakan untuk memperoleh kebaikan.

Sekian artikel seputar Doa Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud dari pinco.id semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi bunda.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Doa Sholat Tahajud
You have reacted on“Doa Sholat Tahajud Beserta 4 Manfaat Sholat Tah…” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!