Doa Setelah Wudhu Pendek Dan Singkat

  • Bagikan
Doa Setelah Wudhu

Doa setelah wudhu merupakan amalan yang termasuk hal sunnah dari Rasulullah SAW. Seperti yang kita tahu, wudhu merupakan syarat wajib sebelum melaksanakan solat.

Dengan berwudhu berarti kita telah menyucikan diri dari hadas kecil. Nah, apakah ketika selesai berwudhu bunda juga melanjutkannya dengan membaca doa setelah wudhu?

Agar ibadah solat kita sah, maka kita juga harus memperhatikan wudhu.

Membasuh anggota tubuh menggunakan media air, menghitung jumlah basuhan, apakah sesuai dengan rukun yang telah ditetapkan.

Memang ada kondisi tertentu dimana wudhu tidak menggunakan media air namun menggunakan media debu atau biasa disebut tayamum.

Tata cara berwudhu juga tertuang dalam surat Al Maidah ayat 6. Dimana saat hendak melaksanakan sholat, kita diwajibkan untuk bersuci dengan membasuh muka serta tangan sampai siku.

Berlanjut dengan kepala serta kaki dan perhatikan agar bagian kedua mata kaki terkena basuhan air.

Apakah bunda tahu amalan sunnah yang dapat menyempurnakan wudhu?

Ada beberapa amalan yang bisa juga bunda terapkan, diantaranya adalah berwudhu menghadap kiblat, bersiwak atau menyikat gigi, membaca basmallah, melafazkan niat wudhu, membasuh kedua tangan, berkumur, istinsyak atau menghirup air ke dalam lubang hidung lalu mengeluarkannya, membaca doa sebelum wudhu, mengusap seluruh kepala, mengusap kedua telinga, menyela jenggot dan juga jari, membasuh anggota sebelah kanan terlebih dahulu, membasuh serta mengusap sebanyak tiga kali, dan berdoa setelah wudhu.

Sudah selesai wudhu, bisa lanjut melaksanakan solat nih! Eits, sabar dulu nih bund! Agar wudhunya makin sempurna dan mendapatkan tambahan pahala, maka jangan lupa bunda lanjutkan dengan membaca doa setelah wudhu.

Doa Setelah Wudhu

wc Wudhu

Sebaiknya doa setelah wudhu dibaca sebelum meninggalkan tempat wudhu dengan mengangkat kedua tangan dan menghadap kiblat. Berikut doa setelah wudhu yang bisa bunda amalkan.

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Dengan membaca doa baik sebelum dan setelah wudhu bunda akan mendapatkan manfaat.

Selain membuat hati menjadi lebih tenang, bunda juga akan mendapatkan manfaat dimana wajah akan terlihat berseri serta bercahaya.

Jadi, usahakan jangan terlewatkan ya bund membaca doanya agar mendapat keutamaan yang mulia.

Bunda juga harus menjaga wudhu. Terlebih saat akan kembali melaksanakan solat, ada baiknya bunda berwudhu kembali meskipun bunda merasa jika wudhunya belum batal.

Selain itu, saat hendak membaca Al Quran, bunda pun disunahkan untuk wudhu. Ada baiknya juga bunda berwudhu sebelum tidur ditambah dengan membaca ayat kursi agar bunda selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Selain menjaga wudhu, bunda juga harus memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat membatalkan wudhu.

Baca Juga :

Hal Yang Membuat wudhu Tidak Sah

wudhu Tidak Sah

Berikut ini adalah hal yang bisa menjadikan wudhu tidak sah atau batal.

  • Buang air kecil maupun buang air besar
  • kentut
  • keluar sesuatu dari qubul dan dubur.
  • Pingsan
  • mabuk
  • hilangnya akal sehat sebab gila
  • tidur nyenyak
  • Bersentuhan kulit dengan yang bukan muhrimnya dan tanpa adanya penghalang diantara kulit.
  • Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan maupun jari-jari.

Jadi bagaimana bund? Sudah cukup jelas mengenai hal-hal yang dapat menyempurnakan wudhu? Mulai saat ini, semoga bunda bisa mengikuti tata cara dan mengamalkan doa setelah wudhu ya agar dapat membantu menambah pahala serta menyempurnakan ibadahnya. Semoga bermanfaat ya bund.

  • Bagikan