4 Cara Mengajarkan Doa Sebelum Belajar Kepada Anak

  • Bagikan
Doa Sebelum Belajar

Mengajarkan anak doa sebelum belajar merupakan hal yang harus dilakukan oleh bunda dan ayah sebagai fasilitator pertama pendidikan di dalam keluarga.

Hal Ini ditujukan agar anak selalu Memahami pentingnya berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun termasuk kegiatan belajar.

Mungkin bunda dan ayah sudah berbagi peran di dalam rumah dalam porsi mendidik anak,

Bunda yang cenderung selalu ada waktu untuk anak harus mulai mengajari anak doa belajar ataupun sebelum belajar saat anak sudah bisa berbicara walaupun belum tidak terlalu lancar.

Dengan hal ini anak akan selalu mengingat dan selalu meyakinkan dirinya bahwa belajar harus di awali dengan berdoa terlebih dahulu.

Berikut dibawah ini adalah doa sebelum belajar lengkap bahasa arab beserta artinya.

Doa sebelum belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Latinnya :

Rodhitu billahi-robba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya: “Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

Cara mengajarkan doa sebelum belajar kepada anak tidak sulit, berikut adalah cara-cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengajarkan anak doa sebelum memulai aktivitas belajar.

1. Awali dengan Mengucapkan Doa Secara Perlahan

Mengucapkan Doa

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan dalam mengajarkan anak cara berdoa adalah dengan mengucapkan doa tersebut secara perlahan dan berulang-ulang.

Hal ini akan membuat anak mengingat doa tersebut walaupun tidak sepenuhnya. Anak kecil identik dengan rasa yang mudah bosan dan cepat terdistraksi oleh hal lain,

Baca Juga : 10 Doa untuk Orang Sakit agar Lekas Sembuh Bahasa Indonesia

Oleh Karena itu Bunda tidak perlu khawatir Apabila anak sudah merasa bosan dan tidak ingin lagi belajar untuk mengucapkan doa.

Hal yang perlu Bunda lakukan adalah terus mengucapkan doa dan mengajak anak agar selalu memulai belajar dengan doa setiap sesi belajar dimulai.

Dengan hal kecil seperti ini anak akan selalu mengingat doa sebelum belajar yang diajarkan oleh Bunda.

2. Tulisan Doa dan Artinya

Tulisan Doa dan Artinya

Bunda juga perlu menulis doa dan artinya Agar anak bisa melihat bacaan doa tersebut secara langsung.

Cukup mencetak doa sebelum belajar yang ada di internet dan artinya apabila Bunda merasa sibuk untuk harus menulis secara sendiri.

Dengan ini Bunda akan melihat langsung tulisan dan arti doa sebelum belajar.

Membiasakan kepada anak untuk memahami arti doa yang diucapkan juga sangat penting, hal Ini membuat anak bisa mengerti apa yang mereka lakukan.

Tidak akan ada lagi anak yang belajar doa karena dipaksa Tanpa memahami arti dan apa yang mereka lakukan dengan doa tersebut.

3. Memberi Kepercayaan Kepada Anak

Memberi Kepercayaan Kepada Anak

Memberi kepercayaan kepada anak dalam memahami dan menghafalkan doa sebelum belajar juga merupakan kewajiban Bunda.

Apabila ketika anak belum Fasih atau belum lancar membacakan doa bunda tidak boleh langsung Memotong bacaannya, Sebaiknya Bunda memberikan waktu hingga anak meyakinkan dirinya dan mengingat kembali doanya yang sudah dihafalkan.

Bentuk memberi kepercayaan kepada anak lainnya adalah dengan membiarkan anak memimpin doa belajar.

Anak-anak merupakan individu yang selalu semangat, Ketika Bunda memberi kepercayaan untuk anak agar memimpin doa mereka akan merasa semangat dan merasa sangat senang.

4. Harus Ada Apresiasi

Apresiasi kepada anak

Apresiasi adalah bentuk bukti bahwa Bunda sudah mempercayakan anak dan bangga terhadap apa yang mereka lakukan.

Hal ini membuat apresiasi dari bunda harus ada Dan harus di dipercaya oleh anak.

Bunda harus memberi apresiasi setelah apa yang dilakukan anak dalam belajar membaca doa sebelum belajar sampai lancar.

Bentuk apresiasi ini bisa bunda Sesuaikan dengan apa yang diinginkan anak atau dari bunda sendiri.

Tidak perlu apresiasi yang berlebihan apresiasi yang kecil dan sangat bermakna untuk anak sudah sangat cukup dalam membuat anak memahami bahwa orang tua mereka bangga dengan apa yang mereka lakukan.

Jika pembahasan artikel ini sangat bermanfaat bagi bunda jangan sungkan untuk bagikan arikel ini kepada teman ataupun saudara yang ada di media sosial, Terima kasih.

  • Bagikan