Bacaan Doa Qunut Subuh Dan 6 Keutamaannya

  • Bagikan
Doa Qunut

Doa qunut subuh beserta keutamaanya yang perlu kamu ketahui Shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang muslim.

Dan setiap bacaan shalat yang diucapkan memiliki arti. Shalat merupakan rukun Islam yang kedua yang terdiri dari shalat wajib dan shalat sunah.

Shalat wajib apabila di kerjakan maka akan mendapatkan pahala dan apabila di tinggalkan maka akan mendapatkan dosa.

Sedangkan Shalat sunah jika di kerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila di tinggalkan tidak akan mendapatkan dosa. Bacaan shalat dimulai dari Takbir dan diakhiri dengan salam.

Dan ada yang sedikit berbeda yaitu shalat Subuh. Keutamaan menunaikan shalat subuh secara berjemaah sangat banyak.

Karena shalat subuh memiliki tambahan bacaan doa qunut yang memiliki beberapa manfaat. Doa Qunut subuh memiliki banyak manfaat bagi seseorang yang membacanya dengan tulus dan ikhlas.

Maka Bunda biasakan membacanya dengan tulus dan akan lebih baik jika bunda mengetahui arti bacaanya.

Doa Qunut Subuh

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ , وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ ,وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ ,وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ

Allahumahdinii fiiman hadait, wa aafinii fiiman aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baarikli fii maa athait

وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ, وَإِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ , لاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ , تَبَارَكْت رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Wa qiniii birahmatika syara ma qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yiqdhaa alaik, wa innahu laa yadzullu man walait, wa laa ya izzu man aadait, tabaarakta rabannaa wa ta aalait.

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ ,أَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ ,وَصَلَّى اللّهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم

Fakal hamdu alaa maa qadhait, astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ala sayyidinaa mauhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wa shahbihi wa baarik wa sallam.

Artinya: “Ya Allah berikanlah aku petunjuk seperti orang-orang tang telah engkau beri petunjuk, berikanlah kesehatan dan pimpinlah aku seperti orang yang telah lebih dulu engkau berikan sama seperti inginku. Dan berkahilah segala sesuatu yang telah engkau berikan kepadaku.”

Bunda tau tidak apa saja keutamaan bacaan doa qunut ketika subuh, Mari kita simak :

Baca Juga : Doa Iftitah Latin dan Arab

Keutamaan Bacaan Doa Qunut

Keutamaan Bacaan Doa Qunut subuh

1. Memberikan Petunjuk

Keutamaan dalam membaca doa qunut subuh adalah dapat memberikan petunjuk.

Didalam bacaan doa qunut memiliki makna suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk.

Yang Bermakna Berharap Allah SWT memberikan Hidayah, Memberikan petunjuk sebagaimana Allah SWT memberikan Hidayah kepada seluruh Hamba-Nya.

2. Memohon disayang Allah

Keutamaan membaca doa qunut adalah memohon agar disayangi Allah SWT.

Didalam bacaan doa qunut terdapat kalimat memohon agar Allah selalu menyanyangi Hamba-Nya, Dan hanya Allah SWT yang mampu melakukan apapun kepada Hamba-Nya.

3. Memberikan Berkah Terhadap nikmat Allah

Keutamaan selanjutnya dalam membaca doa qunut subuh adalah agar Allah memberikan keberkahan kepada yang membacannya.

Keberkahan dalam segala hal baik Harta, anak, istri atau suami dalam segala hal.

4. Memohon Kemuliaan

Keutamaan lainnya dalam membaca doa qunut adalah memohon kemuliaan. Didalam bacaan doa qunut bunda memohon agar terhindar dari sifat hina dan meminta agar dimuliakan.

5. Memberikan perlindungan

Keutamaan membaca doa qunut yaitu agar diberikan keselamatan. Maka usahakan bunda selalu membaca doa qunut setiap menjalankan shalat subuh. Agar Allah selalu memberikan perlindungan.

6. Diberikan perlindungan dari berbagai penyakit

Keutamaan membaca doa qunut yaitu menghindarkan diri berbagai penyakit. Bunda harus rajin membaca doa qunut agar membuat bunda terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Bagi larangan hawa nafsu maupun harta dan tahta.

Bunda membaca doa qunut merupakan amalan yang dilakukan ketika menjalan shalat subuh. Bacaan doa qunut dibaca saat masih dalam posisi berdiri yaitu setelah membaca bacaan iktidal pada rakaat kedua.

Sebelum beranjak ke posisi sujud pertama. Dan doa qunut tidak hanya doa qunut subuh saja namun ada tiga qunut yang biasanya dilakukan yaitu qunut Nazilah, qunut ketika shalat subuh dan qunut shalat witir.

Dan ada yang berpendapat doa qunut subuh adalah sunah. Doa qunut dibacakan pada rakaat terakhir ketika shalat subuh.

Untuk doa qunut shalat witir maka membacanya ketika shalat witir di sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Doa qunut juga disunahkan ketika tertimpa musibah, sedangkan doa qunut Nazilah dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir setiap shalat lima waktu.

Dan inilah ulasan kali ini mengenai bacaan doa qunut subuh. Dan terdapat beberapa keutamaan dan manfaat dalam membacanya dalam melaksanakan shalat subuh. Biasakan bunda untuk selalu membacanya dengan tulus.

Bunda bisa belajar membacanya dalam buku panduan Tuntunan shalat. Disana tertera Doa qunut dan Bacaan doa qunut Latin serta terjemahannya. Agar bunda lebih mudah dalam belajar dan benar-benar mengerti setiap ayat yang dibaca.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini keteman ataupun sanak saudara yang ada dimedia sosial, semoga bermanfaat.

  • Bagikan