Doa Iftitah Versi Arab Dan Latin Beserta Hukumnya

  • Bagikan
Doa Iftitah

Doa Iftitah merupakan sebuah bacaan yang wajib dibaca ketika sholat. Artinya, Iftitah memang tak boleh di tinggalkan agar sholat menjadi sah.

Hukum Bacaan Iftitah

Bisa Meningkatkan Rasa Syukur

Sholat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Khususnya untuk sholat wajib, tentu harus dilaksanakan. Dan jika ditinggalkan maka akan berdosa.

Namun berbeda dengan sholat sunah dimana ketika dikerjakan, maka akan mendapatkan pahala. Namun jika ditinggalkan, tidak akan berdosa namun tentu saja akan merugi. Apapun jenis sholatnya tentu harus dilakukan sesuai dengan tata cara, hukum maupun rukun wajibnya.

Salah satu bacaan yang terbilang sering dibaca ketika sholat adalah bacaan Iftitah. Iftitah adalah bacaan sholat yang dibaca pada saat rakaat pertama, lebih tepatnya setelah takbiratul ihram dan sebelum Al Fatihah.

Ifititah memiliki arti pembukaan yaitu kata fataha sehingga sangatlah tepat jika bacaan ini diletakkan pada bagian awal dalam sholat.

Mengingat sholat adalah kewajiban setiap hari, maka tentunya bunda harus mengetahui tentang apa itu doa Iftitah dan artinya yang mana tujuannya adalah agar lebih memahami maknanya sehingga nantinya akan lebih khusyuk lagi dalam menjalankan sholat.

Baca Juga : Yuk Bund, Ajari Si Kecil Doa Masuk dan Keluar Masjid

Mengenai hukum bacaan Iftitah sendiri adalah sunnah. Mengapa sunnah? Hal ini karena bacaan Iftitah merupakan ajaran Rasulullah sehingga ketika bunda sebagai umat muslim mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW tersebut akan mendapatkan pahala. Namun jika tidak mengikuti juga tidak akan berdosa.

Namun mengingat Iftitah merupakan anjuran Rasulullah, maka hal itu menandakan bahwa bunda sebagai umat muslim memang harus mengikutinya.

Baca Juga : Bacaan Doa Qunut

Karena segala hal yang diajarkan oleh Rasulullah SAW tentunya merupakan perbuatan yang mulia dan akan mendapatkan ridho Allah SWT.

Bacaan Iftitah Dan Artinya

Sebenarnya bacaan Ifititah sudah dibaca setiap hari. Hanya saja jika kebetulan bunda belum mengetahui bacaan Iftitah itu yang mana maka berikut ini adalah bacaan Iftitah.

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Doa Iftitah cukup pendek sehingga bunda bisa lebih mudah untuk menghafalkannya.

Bacaan Iftitah Latin

Bagi bunda yang sudah bisa mengaji tentunya sangatlah mudah untuk membaca bacaan Iftitah dalam bahasa Arab diatas.

Namun jika ternyata bunda masih kesulitan membaca versi Arabnya, tak perlu khawatir karena ada bacaan Iftitah versi latinnya untuk memudahkan dalam membaca. Berikut ini adalah doa Iftitah latin.

” Allahu Akbar kabiro walhamdulilahi kathiro. Wasubhanallahibukrotan’ waashiilaa. Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fathoros samaawaati wal ardha hanifammusliman’ wamaaanaminal musryikiin. Innasholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirobbil ‘alaamin. Lasyarikalahu wabidzalika umritu waana minal muslimiin “

Menyempurnakan sholat adalah sebuah kewajiban. Oleh sebab itu segala yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, ada baiknya selalu dijalankan.

Sama halnya dengan doa Iftitah yang memang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Dengan mengamalkannya, maka insha Allah bunda akan memperoleh pahala dan ridho Allah SWT.

Apalagi untuk menghafalkannya cukup mudah. Bunda hanya perlu melatih dan menerapkan doa Iftitah tersebut setiap hari saat sholat. Lambat laun pastinya akan hafal sehingga sholat akan lebih sempurna.

Dengan meniatkan diri untuk beribadah maka Insha Allah niatan untuk menghafalkan doa ini dipermudah. Dan tentunya akan ada kepuasan tersendiri karena bisa menghafalkan amalan yang diajarkan oleh Baginda Rasul Nabi Muhammad SAW.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Doa Iftitah
You have reacted on“Doa Iftitah Versi Arab Dan Latin Beserta Hukumnya” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!