Ciri-Ciri Orang Hamil Itu? Berikut 10 Gejala Utamanya

  • Bagikan
Ciri Orang Hamil

Ciri Orang Hamil, Setiap wanita pasti menginginkan seorang buah hati untuk datang dalam hidupnya. Sebelum seorang wanita memiliki anak, ia harus terlebih dahulu melewati masa-masa kehamilan yang panjang.

Masa kehamilan sendiri diartikan sebagai masa di mana seorang wanita sedang mengandung bayi atau janin yang belum dilahirkan. Lalu apa sajakah yang menjadi ciri-ciri orang hamil ?

Pregnancy atau kehamilan terjadi di mana ketika sel telur pada wanita melebur dan menjadi satu dengan sel sperma laki-laki yang kemudian akan membentuk zigot atau embrio yang selanjutnya akan tumbuh dan berkembang dalam rahim seorang wanita menjadi bayi yang siap untuk dilahirkan.

Mengapa bisa seorang wanita mengetahui dirinya sedang hamil atau akan hamil? Tentu awalnya dari gejala bahwa ia sedang terlambat datang bulan atau terhenti yang dinamakan dengan sebutan amenorrhea.

Menstruasi sendiri dapat terjadi karena sel telur yang berada dalam rahim tidak dibuahi oleh sel sperma yang kemudian akan meluruh bersama dengan pembuluh darah yang terdapat pada dinding rahim.

Oleh karena itulah mengapa menstruasi warnanya merah, karena mengandung darah yang meluruh.

Ciri Orang Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Orang Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

Pada masa awal kehamilan, sangat banyak perubahan hormonal yang akan terjadi pada tubuh dan perubahan hormonal inilah yang memicu gejala tanda-tanda munculnya kehamilan.

Baca Juga : 6 Nutrisi Ibu Hamil Yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya

Meskipun tanda dari ciri-ciri orang yang hamil akan berbeda pada setiap wanita, namun ada beberapa tanda yang sama yang akan dialami oleh tiap wanita. Apa sajakah tanda-tanda kehamilan tersebut?

Merasa Mual-Mual dan Ingin Muntah

Mual-Mual dan Ingin Muntah

Ciri orang hamil yang pertama Gejala kehamilan yang paling mudah untuk dilihat yaitu seseorang yang baru memasuki tahap awal kehamilan akan merasakan mual-mual dan perasaan untuk ingin muntah.

Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan hormonal pada masa awal kehamilan yang membuat kerja sistem pencernaan menjadi terganggu.

Kadar estrogen yang menurun pada tubuh wanita yang sedang hamil akan membuat otot-otot pencernaan menjadi lemah serta kadar asam dalam lambung akan meningkat.

Hal itu lah yang membuat seseorang yang sedang hamil untuk menjadi mual-mual dan merasa ingin muntah.

Baca Juga : 5 Kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan Trimester 2

Gejala inilah yang terkadang membuat para wanita mengecek apakah dirinya sedang hamil atau tidak dengan menggunakan testpack atau konsultasi ke dokter.

Namun, perlu Anda ingat bahwa rasa mual dan perasaan ingin muntah belum tentu menunjukkan bahwa Anda sedang hamil. Bisa jadi hal ini dikarenakan tubuh Anda yang kurang sehat.

Selain itu juga, pada masa-masa awal kehamilan, seorang wanita akan sering merasakan mual di pagi hari yang sering disebut dengan morning sickness.

Gejala ini akan mulai muncul ketika Anda masuk pada minggu ke-4 hingga minggu ke-12 masa kehamilan.

Untuk mengurangi rasa mual dan muntah yang Anda rasakan, Anda dapat mengikuti beberapa cara mengatasi mual berikut ini:

Usahakan untuk makan dalam porsi yang kecil dan sering. Hal ini lebih baik untuk Anda dibandingkan dengan memakan makanan yang banyak.

Usahakan untuk mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran, selain itu jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda minimal 8 gelas air putih setiap hari.

Meminum teh jahe dan menghirup aromanya dapat mengurangi rasa mual dan muntah Anda.

Sesaat setelah terbangun di pagi hari, duduklah terlebih dahulu di ranjang Anda, dan bangunlah dari ranjang secara perlahan.

Jika rasa mual dan muntah Anda menjadi bertambah parah, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan medis.

Mulut Terasa Sedikit Asam

Mulut Terasa Sedikit Asam

Ciri orang hamil yang kedua Kandugan estrogen yang turun dalam tubuh wanita yang sedang hamil akan mengurangi fungsi serta kepekaan dari lidah.

Sehingga hal ini akan membuat Anda merasa pahit atau asam ketika sedang mengkonsumsi sesuatu.

Kondisi seperti ini merupakan salah satu gejalanya, hal ini akan membuat wanita yang sedang hamil untuk selalu ingin mengkonsumsi makanan yang manis-manis atau asam.

Biasanya hal ini disebut dengan ngidam.

Baca Juga : 4 Kondisi Trimester Pertama Pada Kehamilan

Berdasarkan pengalaman beberapa wanita, hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah-buahan yang rasanya manis seperti semangka atau melon.

Nafsu Makan Menurun

Nafsu Makan Menurun

Ciri orang hamil yang ketiga Perasaan mual, ingin muntah serta perut yang sedang tidak bersahabat tentu akan membuat seorang wanita yang tengah hamil untuk kehilangan nafsu makannya.

Rasa tidak nyaman pada perut ini disebabkan oleh tingginya kadar asam pada lambungnya.

Rasa Nyeri Pada Perut

Rasa Nyeri Pada Perut

Ciri orang hamil yang keempat Rasa nyeri pada perut ketika masa awal kehamilan ini dapat disebabkan oleh karena sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan lancar dan menumpuknya gas dalam lambung yang menekan perut.

Hal ini dapat juga disebabkan oleh karena mengembangnya uterus atau rahim seorang wanita yang akan mendesak otot-otot bagian perut serta menekan lambung Anda.

Apabila Anda merasakan nyeri pada bagian perut yang berkelanjutan dan tak kunjung berhenti, disarankan bagi Anda untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Sering Bersendawa dan Membuang Gas

Ciri orang hamil yang kelima Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada masa-masa kehamilan adalah masa dimana sistem pencernaan seorang wanita yang sedang hamil tidak berfungsi dengan baik dan menimbun gas berlebih dalam lambung.

Gas yang menimbun inilah yang akan membuat Anda sering bersendawa atau membuang gas, dan usahakanlah untuk tidak menahan gas tersebut keluar agar tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.

Meskipun gejala ini mirip dengan gejala masuk angin biasa, jika Anda mengalaminya dan merasakan sesuatu yang tidak beres, maka segeralah berkonsultasi ke dokter Anda.

Rasa Terbakar Pada Dada

Ciri orang hamil yang ke enam Gejala lain yang dapat dialami oleh wanita yang sedang hamil yaitu perasaan terbakar pada bagian dada dan kerongkongan yang biasa disebut dengan heartburn.

Gejala ini terjadi akibat kadar estrogen dalam tubuh yang menurun, sehingga otot valve atau katup pembatas kerongkongan dengan lambung menjadi terbuka, sehingga asam lambung akan mengalir keluar mencapai kerongkongan.

Kadar asam lambung yang tinggi ini akan menekan serta menimbulkan rasa panas pada bagian dada Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat menerapkan cara-cara berikut ini utnuk mengurangi gejala panas pada dada Anda ketika sedang hamil:

Usahakan untuk makan dalam porsi yang kecil sesering mungkin atau memakan cemilan yang sehat.
Hindarilah untuk makan sesaat sebelum Anda tidur.

Jauhi makanan yang pedas, berminyak, dan asam karena makanan inilah yang memicu meningkatnya produksi asam lambung.Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar.

Gunakan bantal yang tinggi untuk menjaga kepala tetap di atas, hal ini akan menghindari asam lambung untuk naik ke tenggorokan.

Jika rasa panas pada dada Anda tidak kunjung hilang, segeralah konsultasikan ke dokter.

Konstipasi

Ciri orang hamil yang ketujuh Konstipasi adalah suatu keadaan dimana sistem pencernaan tidak bekerja dengan lancar dan feses atau tinja akan menjadi keras sehingga wanita yang sedang hamil muda akan sulit untuk buang air besar.

Perubahan hormonal ketika sedang hamil menyebabkan usus besar terganggu dan memperlambat proses pencernaan dan pembuangan feses atau tinja dari dalam tubuh.

Jika konstipasi dibiarkan, akan menimbulkan wasir atau ambeien yang ditandai dengan keluarnya darah bersamaan dengan tinja.

Untuk menghindari masalah konstipasi pada masa kehamilan, maka Anda perlu untuk mengikuti tips-tips berikut ini:

Perbanyak mengkonsumi buah-buahan dan sayuran yang banyak mengandung serat untuk memperlancar proses BAB.

Penuhi dan perbanyak kebutuhan tubuh akan cairan dengan meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

Hindari minuman yang bersoda atau mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Melakukan olahraga ringan secara rutin. Contohnya melakukan gerakan yoga atau berenang untuk menjaga kesehatan janin.

Jauhi suplemen yang mengandung zat besi karena hal ini hanya akan memperparah kondisi konstipasi Anda.

Jauhi mengkonsumsi obat-obatan pelancar BAB tanpa anjuran dari dokter, sebaiknya Anda memperbanyak mengkonsumsi pepaya atau buah-buahan pelancar BAB berikut.

Diare

Ciri orang hamil yang kedelapan Gejala lain yang sangat menggangu bagi wanita hamil yaitu diare. Diare adalah suatu kondisi dimana tubuh mengeluarkan tinja atau feses dalam bentuk cairan.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh infeksi oleh kuman atau bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Namun beda halnya pada wanita yang sedang hamil, keadaan diarea bukanlah disebabkan oleh kuman atau bakteri, melainkan keadaan alamian tubuh karena otot pada saluran pencernaan melemah dan kehilangan kemampuannya untuk menyerap air.

Walaupun keadaan alamiah, jika dibiarkan secara terus-menerus akan menyebabkan dehidrasi yang akan membahayakan kesehatan janin.

Diare dapat dengan mudah untuk dihindari, cukup dengan menjaga kebersihan lingkungan atau rumah serta mengkonsumsi makanan yang bersih.

Jangan lupa juga untuk memperbanyak mengkonsumsi buah, sayuran, serta meminum banyak cairan untuk menghindari tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Perut Menjadi Buncit atau Keroncongan

Ciri orang hamil yang kesembilan Gas yang menumpuk pada lambung wanita yang sedang hamil muda akan membuat perut menjadi nampah besar dan buncit serta akan mengeluarkan suara seakan sedang kelaparan.

Gas yang menumpuk ini akan menimbulkan perasaan tertekan dan tidak nyaman pada perut.

Untuk mengurangi gejala ini, ada baiknya jika Anda menghindari makanan yang memicu munculnya gas berlebih dalam tubuh seperti minuman bersoda, minuman yang mengandung kafein, serta sayuran kubis.

Mudah Merasa Tersinggung

Salah satu yang menjadi ciri-ciri orang hamil atau wanita hamil yaitu mudahnya mereka untuk merasa tersinggung.

Hal ini disebabkan oleh naik turunnya kadar progesteron dan hormon dalam tubuh yang memicu otak Anda untuk memproduksi senyawa kimia yang dapat menimbulkan perasaan stres.

Gejala ini sangat mirip dengan seorang wanita yang sedang menstruasi, dimana perasaannya menjadi tidak menentu, sangat sensitif, dan menjadi mudah tersinggung.

Bahkan berdasarkan beberapa penelitian dan survey, gejala pada wanita hamil yang satu ini cenderung untuk membuatnya mengalami stres dan depresi.

Keadaan ibu yang stres dan depresi tentu sangat tidak baik bagi kesehatan janinnya, jadi ada baiknya jika Anda tetap membuat diri Anda selalu merasa terhibur.

Saat sedang hamil, perubahan hormonal tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik seorang wanita akan tetapi juga mempengaruhi mood dan perasaannya.

Gejala Lainnya Pada Beberapa Wanita

Selain gejala-gejala kehamilan pada wanita di atas, ternyata masih ada lagi gejala lainnya yang akan dilalui oleh wanita yang sedang hamil. Gejala tersebut yaitu:

Pendarahan Pada Vagina

Seringkali pada masa-masa awal kehamilan, bagian vital atau vagina wanita akan mengalami pendarahan dan biasanya hal ini akan dianggap sebagai menstruasi biasa saja.

Namun sebenarnya hal ini bukanlah menstruasi biasa, melainkan pendarahan dari sisa-sisa pembuluh darah pada dinding rahim.

Terjadi Perubahan Pada Payudara

Mereka yang sedang hamil pasti akan merasakan perubahan pada ukuran payudara mereka.

Pada masa awal kehamilan, payudara akan mengencang dan membesar dikarenakan payudara sedang bersiap untuk menampung ASI atau air susu bagi bayi akan dilahirkan nantinya.

Badan Terasa Pegal-Pegal

Pada masa kehamilan, akan terjadi peningkatan progesteron pada tubuh. Peningkatan progesteron ini akan memperlambat proses metabolisme tubuh dan akan mengurangi jumlah energi yang dihasilkan dari makanan serta akan meningkatkan kandungan asam laktat yang menjadi penyebab utama badan menjadi pegal-pegal.

Badan Terasa Gatal-Gatal

Ciri orang hamil selanjutnya Gejala lainnya yang dapat dialami oleh beberapa wanita yang sedang hamil yaitu merasakan gatal pada kulit. rasa gatal pada badan ini akan sangat mengganggu bagi mereka dan akan membuat mereka menjadi jengkel.

Sering Buang Air Kecil

Pada wanita yang sedang hamil, biasanya akan menjadi lebih sering membuang air kecil.

Hal ini disebabkan oleh karena mengembangnya rahim yang mendorong kantung kemih sehingga menimbulkan perasaan selalu ingin membuang air kecil.

Nah itu dia Ciri-Ciri Orang Hamil yang dapat Anda jadikan referensi untuk mengetahui berbagai gejala yang terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Jika artikel mengenai beberapa gejala pada wanita hamil ini bermanfaat bagi Anda, silahkan di share ya…

  • Bagikan