7 Cara Mencegah Kehamilan Dengan Mudah Dan Terbukti

  • Bagikan
Cara Mencegah Kehamilan

Adakah cara mencegah kehamilan yang dapat dilakukan dengan mudah. Pada dasarnya untuk tingkat kemudahan dari cara pencegahan kehamilan itu sendiri berbeda antara satu dengan lainnya.

Hal ini bergantung pada anggapan masing-masing orang yang melakukannya. Ada yang beranggapan bahwa cara pencegahan itu mudah untuk dilakukan dan ada pula yang menyatakan bahwa hal tersebut sulit untuk dilakukan.

Meski demikian, bagi bunda yang ingin mencegah kehamilan. Tentunya beberapa cara di bagian bawah ini akan sangat membantu. Karena itulah pastikan untuk menyimaknya dengan lebih baik.

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan seks

Cara mencegah kehamilan

Jika bunda telah melakukan hubungan intim tanpa disertai adanya pengaman, tentu risiko untuk mengalami kehamilan pun akan jauh lebih tinggi.

Baca Juga : Cara Menggunakan Alat Tes Kehamilan Test Pack Dengan Tepat

Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat bunda lakukan untuk mencegah dan menghindari kehamilan tersebut. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya :

1. Konsumsi pil kontrasepsi darurat

pil kontrasepsi

Jenis pil kontrasepsi darurat ini umumnya dapat digunakan setelah bunda melakukan hubungan intim dan memiliki batas waktu penggunaan hingga 3 hari.

Namun dalam beberapa penelitian terbaru menyatakan bahwa pil ini dapat digunakan dengan batas waktu hingga 4 hari.

Dikenal cukup ampuh dalam menghindari kehamilan hingga 98%. Faktanya pil ini hanya dapat dikonsumsi saat benar-benar bunda butuhkan.

Mengapa demikian? Pasalnya penggunaan obat ini juga menimbulkan efek yang berbahaya. Dimulai dari mual, lelah, sakit kepala dan lainnya.

2. Konsumsi pil KB biasa

Konsumsi pil KB biasa

Cara lainnya yang dapat bunda lakukan adalah mengonsumsi pil KB biasa atau jenis pil KB reguler. Pil ini dapat mencegah kehamilan, sekali pun bunda melakukan hubungan dengan tidak disertai adanya pengaman sekali pun.

Akan tetapi patut untuk bunda ketahui bahwa tidak semua jenis pil KB dapat digunakan sebagai Pil KB darurat. Karena itulah pastikan untuk memilih jenis pil KB yang tepat dan benar. Seperti halnya jenis pil KB yang dapat dikonsumsi dalam kondisi darurat.

3. Gunakan IUD tembaga

IUD tembaga

Bagian selanjutnya adalah menggunakan IUD tembaga. Jenis IUD ini sebaiknya digunakan dengan segera setelah bunda melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Hal ini berkaitan dengan cara kerjanya yang akan lebih efektif jika dilakukan dalam 5 hari setelah bunda melakukan hubungan intim itu tadi.

Cara menghindari kehamilan sebelum berhubungan seks

Cara menghindari kehamilan

Selain beberapa cara di bagian atas tadi, ada pula cara lainnya yang dapat bunda lakukan sebelum hubungan dilakukan. Cara tersebut di antaranya :

1. Penggunaan kondom

Penggunaan kondom

Kondom adalah salah satu alat pencegah kehamilan yang dapat digunakan dengan mudah sebelum Bunda dan pasangan melakukan hubungan intim.

Selain itu, cara penggunaannya pun tidak memerlukan resep dokter. Bahkan penggunaan kondom juga dinyatakan dapat menghindari infeksi penyakit kelamin dengan mudah. Sehingga lebih aman untuk digunakan.

2. Suntik KB

Suntik KB

Jika bunda termasuk dalam salah satu pengguna alat kontrasepsi tentunya bunda sudah tidak asing dengan suntik KB bukan.

Cara kerja suntik KB adalah mencegah pelepasan sel telur dari ovarium, sehingga kehamilan pun dapat dihindari dengan mudah.

Yang perlu diperhatikan yaitu bunda harus selalu konsultasi ke bidan ataupun dokter kandungan langganan bunda yah.

3. KB implan

KB implan

Alat kontrasepsi lainnya adalah KB implan. Jenis alat yang satu ini berisi hormon progestin yang akan dilepaskan secara perlahan dan keberadaannya dapat menunda kehamilan dengan mudah.

Cara ini sangat efektip dan banyak sekali yang menggunakan metode ini.

KB implan dapat digunakan dalam jangka waktu lama seperti halnya 3 tahun dan lainnya.

4. IUD

IUD

Cara paling akhir dari beberapa cara mencegah kehamilan yang dapat bunda lakukan untuk mencegah kehamilan yaitu dengan menggunakan IUD.

Jenis alat kontrasepsi ini dikenal dengan sebutan KB spiral dan keberadaannya akan dimasukkan ke bagian dalam rahim sehingga dapat mencegah kehamilan dalam waktu lama, yaitu antara 5-10 tahun.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa cara mencegah kehamilan yang dapat bunda ikuti dengan mudah.

Jika pembahasan ini tentang cara mencegah kehamilan sangat bermanfaat bagi kamu jangan sungkan untuk share (bagikan) artikel ini ke teman media sosial yang kamu miliki.

Semoga bisa mendapatkan manfaat bagi masyarakat dengan artikel ini terima kasih.

  • Bagikan