8 Cara Memperbanyak ASI Bagi Bunda Yang Tidak Keluar Asi

38

Cara Memperbanyak ASI – Melahirkan dan menyusui merupakan anugerah serta kelebihan terindah bagi seriap ibu.

Sehingga untuk seorang ibu bagi mereka moment tersebut sangatlah penting dan tidak patut terlewatkan.

Bagi seorang ibu yang sudah melahirkan, menyusui bayi merupakan sebuah kewajiban atau keharusan

sebagai upaya untuk memberikan makanan yang dibutuhkan bayi selain itu pemberian ASI juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bayi.

Akan tetapi masalah yang paling sering dialami ibu menyusui yaitu kurangnya produksi ASI.

Sedangkan beberapa penyebab lain biasanya dikarenakan kondisi hormon dalam tubuh yang seimbang karena menstruasi, sedang mengalami depresi atau kondisi kesehatan tubuh yang menurun.

ASI memang sangat penting dan dibutuhkan bayi, karena ASI memiliki sejumlah nutrisi paling lengkap dibandingkan dengan yang lainnya.

Bayi yang diberi ASI sejak lahir sampai paling lambat usia 2 tahun ia akan lebih kuat terhadap berbagai penyakit jauh dibandingkan dengan bayi yang pada awalnya terbiasa diberikan susu formula.

Pentingnya pemberian ASI yang ditujukan untuk bayi akan menutup kemungkinan adanya bahaya yang tidak dinginkan apabila bayi kekurangan ASI.

Beberapa bahaya yang sering dialami bayi yang kekurangan ASI antara lain dapat menyebabkan dehidrasi

Atau kekurangan cairan, bayi demam atau panas, bayi kekurangan gizi, pertumbuhan bayi dibawah standart, bayi rewel dan menangis terus, imunitas atau daya tahan tubuh bayi menurun, berat badan bayi tidak bisa bertambah signifikan, serta bayi lemas dan menjadi tidak lincah.

Baca Juga :

Dengan adanya berbagai permasalahan tersebut tidak jarang banyak cara yang dilakukan para ibu agar dapat memperoleh ASI secara maksimal.

Memperbanyak ASI juga dapat dilakukan melalui pola makan yang sehat, dan banyak pula beberapa cara lainnya.

Cara memperbanyak ASI

Untuk itu agar dapat menjadi pengetahuan tambahan bagi para ibu berikut adalah hal yang dapat bunda lakukan guna memperbanyak ASI bagi bayi.

Membersihkan payudara secara rutin

Membersihkan payudara secara rutin

Membersihkan puting payudara merupakan perioritas utama yang harus dilakukan oleh para ibu karena puting akan menjadi lubang atau saluran keluarnya ASI (Air Susu Ibu) dari dalam payudara untuk dapat diminum oleh bayi.

Puting payudara dapat bunda bersihkan dengan menggunakan baby oil sambil memilin-milin puting payudara atau bunda juga dapat melakukan pijatan dengan lembut pada area puting sebelum mandi.

Membersihkan payudara secara rutin dipercaya dapat membantu ibu untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Rajin menyusui bayi

Rajin menyusui bayi

Secara rutin menyusui bayi dapat bunda lakukan setiap dua sampai 3 jam sekali, jangan takut produksi ASI bunda akan menjadi lebih sedikit

Karena menyusui namun malah sebaliknya menyusui secara rutin akan membuat payudara mengirim respon cepat dan menginstruksikan otak untuk segera memproduksi ASI.

Cara menyusui yang benar dapat dimulai dengan memberikan payudara satu sebelah kanan atau kiri kemudian berpindah pada pada payudara lainnya.

Memompa ASI

Memompa ASI

Memompa merupakan salah satu cara yang dapat bunda lakukan untuk memperbanyak ASI.

Cara ini dapat bunda lakukan setelah bunda selesai menyusui, untuk itu jangan perdulikan berapa banyak ASI yang dapat kita peroleh karena tujuan memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara.

Sehingga ASI yang tadinya tidak habis menyeluruh dikonsumsi bayi dapat kosong dan mampu memproduksi ASI baru untuk si bayi.

Kompres Payudara

Apabila payudara mengeras dan tidak dapat dihisap oleh bayi kompreslah dengan handuk hangat beberapa menit, maka dengan begitu payudara akan kembali menjadi lunak ASI dapat keluar lebih lancar.

Mengkonsumsi Makanan yang Dapat Memproduksi ASI

Beberapa makanan yang baik dikonsumsi ibu menyusui yaitu pepaya, daun katuk, havermouth, wortel, bayam, dan buah pare.

Memilih KB yang Tepat

Pilihlah alat kontrasepsi atau KB yang tidak menyangkut hormon yang diperlukan untuk memproduksi ASI, seperti pil KB mini atau kondom.

Banyak Minum Air Putih

Untuk ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi air mineral sebanyak 10 hingga 12 gelas air putih sehari, karena disini tubuh membutuhkan banyak cairan untuk memproduksi ASI.

Posisi Menyusui yang Pas

Cobalah beberapa posisi dan lakukan yang paling pas untuk bunda. Apabila posisi menyusui dapat dilakukan dengan benar, maka sebenarnya menyusui tidaklah sakit.

Kontak Langsung Pada Kulit

Kontak langsung pada kulit disebut juga Skin to skin contact, cara ini dapat bunda lakukan pada saat menyusui bayi namun dengan kondisi keduanya tanpa busana.

Karena kedekatan emosi yang kita miliki dengan bayi, akan memerintahkan otak untuk memproduksi ASI lebih banyak.

Demikianlah cara memperbanyak ASI pada ibu selama menyusui.

Semoga dapat menjadi pertimbangan terbaik bagi bunda untuk selalu memberikan ASI-nya untuk si buah hati.