5 Cara Memilih Dot Bayi Yang Terbaik Bagi Sikecil

  • Bagikan
Memilih Dot Bayi

Cara Memilih Dot Bayi – ASI adalah nutrisi paling lengkap dan terbaik, hal tersebut dikarenakan manfaat ASI memang sudah terbukti baik untuk kesehatan bayi dan anak.

Akan tetapi pada kenyataannya begitu banyak para orang tua yang kurang paham tentang pengetahuan pentingnya pemberian ASI bagi tumbuh kembang bayi.

Sehingga tanpa berpikir panjang orang tua lebih memilih penggunaan susu formula untuk bayinya.

Bayi yang mengkonsumsi ASI memang lebih praktis dibandingkan bayi yang mengkonsumsi susu formula.

Karena pada umumnya susu formula yang diberikan bayi memang harus dibuat terlebih dahulu dan hal tersebut tentunya tidak efisien juga akan memerlukan waktu.

Sedangkan untuk ASI kapan pun dan dimana pun bayi bunda merasa lapar, disini bunda dapat langsung memberikannya tanpa harus kesulitan membuatnya.

Selain itu penggunaan susu formula pastinya tidak terlepas dari pemakaian alat-alat lainnya seperti dot atau botol susu.

Seluruh alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan susu formula juga dipastiak harus steril dan terjamin bersih karena apabila tudak maka akan berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan bayi.

Dot botol adalah salah satu perlengkapan makan anak dan bayi yang paling sering bersentuhan langsung dengan buah hati.

Botol berbahan plastik memang memiliki beberapa keunggulan seperti lebih ringan, kuat, serta tidak mudah pecah.

Sehingga hal itulah yang pada akhirnya membuat keberadaan botol kaca terdahulu beralih menjadi botol plastik yang kebanyakan di pilih oleh kalangan masyarakat luas.

Perawatan botol susu dan dot memang harus diperhatikan dengan benar namun selain itu tahukah bunda kalau dalam proses pembuatannya ternyata botol susu berbahan ini mengandung sebuah senyawa kimia yang disebut dengan Bishpenol A (BPA).

Bishpenol A (BPA) adalah senyawa yang pada umumnya digunakan untuk sebuah compact disk dan bahan pembuatan kaleng sehingga tidak baik dikonsumsi bagi kesehatan terutama bayi.

Bishpenol A (BPA) juga dapat mengakibatkan terjadinya kanker prostat, payudara, kista, ovarium, endrometriosis, serta pubertas dini.

Untuk itu sebagai orang tua pastinya kita akan mengusahakan segala sesuatunya yang terbaik untuk anak.

Cara memilih dot bayi

Maka berikut adalah tips-tips yang dapat bunda pertimbangkan dalam memilih dot bayi.

Baca Juga :

Bentuk dot

Bentuk dot

Pada umumnya terdapat 3 model atau bentuk dot antara lain dot cherry, yang memiliki batang yang menyerupai bola.

Lalu yang selanjutnya yaitu kedua dot yang memiliki bentuk permukaan miring dengan bentuk batang dot melengkung yang sangat cocok dengan bentuk mulut bayi.

Sedangkan dot ketiga yaitu dot yang memiliki bentuk datar seperti bentuk dot yang tergencet dengan dua sisi yang dapat disedot oleh buah hati.

Jenis bahan

Jenis bahan

Memilih Dot Bayi Dari Bahan botol dot terbaik saat ini yang bisa bunda pilih, yaitu dari bahan lateks atau silikon yang kemudian pada bagian bawahnya dilapisi dengan plastik melingkar yang cukup lebar.

Untuk dot berbahan lateks biasanya memiliki sifat kenyal, lembut, dan tidak mudah berbau, sedangkan untuk dot berbahan silikon biasanya memiliki struktur yang lebih kokoh dibandingkan lateks.

Desain dot

Desain dot

Dengan tersedianya berbagai macam desain yang unik dan lucu bunda juga dapat dengan mudah menentukan pilihan berdasarkan karakter menarik yang disukai.

Desain dot botol kini tersedia dalam tiga jenis yakni ‘soft’, ‘air’, dan ‘ulti atau classic’.

Untuk desain dot botol jenis ‘ulti atau classic’ merupakan dot yang paling mudah didapatkan dan memiliki beragam gambar lucu pada bagian pelindung dan pegangan dot.

Pelindung dot

Memilih Dot Bayi dengan memperhitungkan Pelindung dot biasanya banyak terbuat dari bahan plastik dengan ragam warna, desain, bentuk, ukuran, ada yang terdapat pegangan serta ada pula yang tidak, dengan begitu tentunya akan menjadi suatu pertimbangan terbaik bagi bunda dalam memilih mana dot yang baik digunakan bayi.

Sedangkan untuk memperoleh pelindung dot yang berkualitas, bunda dapat memilih dot yang memiliki lubang udara untuk membantu bayi agar dapat bernapas ketika hendak mengulum dot.

Ukuran dot

Memilih Dot Bayi pada umumnya Dot atau botol susu anak umumnya memiliki tiga macam ukuran.

Memilih Dot Bayi yaitu Ukuran pertama dapat bunda gunakan untuk bayi usai di bawah 6 bulan, kemudian ketika bayi berusia 6 sampai 12 bulan bunda dapat menggunakan dot botol bayi ukuran 2, sedangkan untuk bayi yang sudah menginjak usia 18 bulan sampai 3 tahun sangat cocok diberikan dot susu ukuran 3.

Itulah tips yang harus bunda ketahui sebelum hendak memilih atau membeli dot bayi untuk sang buah hati tercinta.

Untuk mempermudah penggunaan serta perawatan dot maupun botol bayi, disini sebaiknya bunda memiliki dot beserta botol bayi lebih dari dua.

Karena di usia bayi kurang dari satu tahun biasanya ia akan lebih sering minum susu.

Semoga artikel mengenai cara memilih dot bayi. Semoga bermanfaat.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Memilih Dot Bayi
You have reacted on“5 Cara Memilih Dot Bayi Yang Terbaik Bagi Sikecil” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!