7 Cara Memandikan Bayi Dengan Baik Dan benar

  • Bagikan
Memandikan Bayi

7 Cara Aman Dan Mudah Memandikan Bayi Dan Balita – Memiliki buah hati merupakan momen momen yang membahagiakan.

Tidak hanya dialami oleh sepasang suami istri tetapi seluruh keluarga.

Artinya akan ada anggota keluarga baru yang bertambah yang akan memberikan kehangatan, kelucuan dan kegembiraan dalam keluarga.

Biasanya ketika memiliki bayi pertama orang tua bayi akan cukup mengalami kesulitan dalam menangani bayinya.

Misalnya memandikan bayi, akan mengalami kesulitan pada orang tua bayinya.

Merekan pada umumnya belum mengetahui cara memandikan yang baik dan benar dan bagaimana temperatur suhu air yang akan digunakan.

Rutinitas memandikan bayi memanglah sangatlah menyenangkan. Akan tetapi seorang ibu, terutama yang baru mempunyai anak pertama harus melakukannya dengan hati hati.

Karena jika tidak cukup banyak bahaya yang terjadi pada bayi.

Ketika memandikan bunda juga harus memperhatikan jika sang anak masih bayi tentunya memiliki tulang tubuh yang masih sangat lunak jika dibandingkan dengan anak anak yang sudah balita sehingga bunda harus memperhatikan pula posisi memandikan bayi yang benar agar tidak menyakiti anak bunda.

Cara Aman Dan Mudah Memandikan Bayi

Cara Aman Dan Mudah Memandikan Bayi

Berikut ini ada 7 Cara Memandikan Bayi Dan Balita, yang bisa bunda praktekkan dirumah :

1. Persiapkan Alat Mandi Secara Lengkap

Persiapkan Alat Mandi

Ketika bunda ingin memandikan bayi bunda, hal yang mendasar yang harus bunda lakukan adalah mempersiapkan semua keperluan mandinya seperti sabun, waslap, bak mandi, sampo, bedak dan minyak telon.

2. Pasti Bayi bunda Mandi Dengan Air Hangat (Hangat Kuku)

Pastikan suhu air mandi anak bunda berada pada suhu 35 – 370C yang akan memberikan kenyamanan pada bayi bunda.

Bunda dapat mengecek suhu air dengan memasukkan tangan bunda kedalam bak mandi anak bunda.

Jangan menggunakana air dingin ketika memandikan bayi bunda, karena air dingin dapat mengganggu kestabilan organ dalam tubuh bayi bunda dan dapat menyebabkan flu dan masuk angin.

Baca Juga :

3. Posisi Tubuh Bayi

Saat bunda memandikan bayi bunda yang baru lahir, dari pada menaruhnya didalam bak bunda dapat membaringkannya diatas meja yang sudah dilapisi handuk kering atau diatas tempat tidur kemudian diusap seluruh tubuhnya menggunakan waslap yang sudah ditetesi sedikit sabun cair.

Ketika bayi bunda sudah berumur 3 bulan ke atas, bunda bisa memandikannya didalam bak mandi, caranya bunda bisa menyandarkan bayi bunda secara tegak lurus kebibir bak atau membaringkan badannya dengan sudut 450 dan menyangga bagian belakang kepala dan badan bayi bunda dengan tangan kiri kemudian memandikannya dengan tangan kanan bunda.

4. Urutan Bagian Tubuh Yang Akan Dibersihkan

Ketika bunda memandikan bayi dengan menggunakan bak, maka bersihkan bagian bawah tubuh bayi, mulai dari area perut sampai kaki usap dan pijit semua bagian tubuh bayi dengan lembut agar nutrisi dan kelembapan kulit tetap terjaga.

Bersihkan semua bagian kepala dengan waslap termasuk juga kalau ada kotoran pada mata, telinga atau pun hidung.

Bunda harus memandikan bayi bunda dengan waktu yang tidak lebih dari 10 – 15 menit agar suhu tubuh bayi bunda tetap terjaga pada suhu normal.

5. Jangan Dimandikan Bayi Setelah Makan

Jangan mandikan bayi bunda setelah disusui atau makan sereal bayi. Bunda harus memberikan jeda waktu mandi sekitar 60 – 90 menit dan pastikan semua makanan yang dikonsumsinya tidak dimuntahkan lagi.

Karena pengaruh suhu air dan suhu lingkungan yang ada disekitar bayi merangsang sistem pencernaan bayi untuk muntah ketika bayi dimandikan dalam perut kondisi penuh.

6. Perhatikan Daerah Lipatan Bayi

Ketika bunda sedang memandikan bayi,Alangkag baiknya menggunakan bak ataupun tidak, bayi tentu akan berada dalam keadaan selalu ingin bergerak.

Ketika memandikannya pastikan bunda juga membersihkan lipatan lipatan tubuh seperti siku, ketiak dan lutut karena pada bagian itulah akan sering muncul ruam atau biang keringat ketika bayi merasa gerah.

7. Perhatikan Posisi Kepala Pada Saat Keramas

Posisi kepala saat keramas dan dan pemberian sampo untuk keramas.

Topang kepala bayi sepenuhnya dengan tangan bunda dan jangan biarkan kepala bayi bunda banyak bergerak agar cairan sampo tidak jatuh ke area mata atau area sensitif lainnya diwajah.

Pilihlah jenis sampo yang busanya tidak terlalu banyak kemudian usapkan dan gosok perlahan pada area kulit kepala bayi bunda.

Jangan menekan kulit kepala terlalu keras karena dikhawatirkan akan melukai kulit kepala.

Setelah selesai memberikan sampo bilas hingga bersih menggunakan air hangat suam dan keringkan.

Karena jika tidak dikeringkan bayi bunda akan mudah terserang demam atau flu.

Itulah 7 Cara Aman Dan Mudah Memandikan Bayi Dan Balita, dan para ibu muda bisa mempraktekkan dirumah cara cara tersebut, semoga artikel ini bermanfaat bagi ibu ibu dirumah.

  • Bagikan