Lengkap, 9 Susunan Acara Akad Nikah Dari Awal Sampai Akhir

  • Bagikan
Akad Nikah

Melangsungkan pernikahan yang bisa berjalan lancar adalah salah satu dambaan dari semua orang.

Doa kelancaran acara pernikahan selalu saja di ucapkan oleh semua orang menjelang hari pernikahan.

Sebenarnya lancarnya pernikahan terutama akad nikah berasal dari susunan acara yang lengkap tanpa ada satupun yang terlewatkan.

Karena akad nikah adalah kunci dari semua acara pernikahan atau bisa dikatakan jika ini adalah salah satu upacara keagamaan yang menyatukan dua mempelai dalam sebuah ikatan pernikahan.

Melakukan janji hidup semati di hadapan Tuhan dan bersaksi dihadapan para tamu undangan dengan menjadi pasangan suami istri yang sah. Maka Akad nikah memang dilakukan lebih sakral.

Nah untuk membuatnya berjalan lancar berikut adalah beberapa susuanan acara akad nikah yang bisa membuat acara pernikahan anda menjadi lancar Bund diantaranya adalah:

Susunan Acara Akad Nikah

Susunan Acara Akad Nikah

1. Pembukaan

Yang paling pertaman dalam proses pelaksanaan akad nikah yaitu Pembukaan terlebih dahulu, Akad pernikahan harus dibuka dengan adanya sesi pembukaan yang biasanya akan dipandu oleh pembawa acara atau MC .

Untuk pembukaan ini sendiri biasanya akan diawali dengan membaca basmallah dan dilanjutkan dengan doa sehingga acara yang dilaksanakan berjalan dengan lancar serta di berkahi oleh Allah SWT.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Setelah acara pembukaan, selanjutnya akan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Dan secara umum biasanya pihak keluargalah yang akan menentukan siapa orang yang akan membacakan ayat suci Al-Qur’an ini

Dimana mereka yang membacakannya memiliki kriteria ahli dalam melantunkan ayat suci dan memiliki suara yang merdu.

3. Khutbah Nikah

Sebelum akad pernikahan akan ada sesi penyampaian untuk khutbah nikah dan biasanya akan langsung disampaikan oleh penghulu dari KUA.

Khutbah ini sifatnya sunah, dimana memiliki fungsi sebagai bentuk pembekalan dan juga sebagai pengingat untuk kedua calon mempelai dalam menjaga keutuhan pernikahan mereka.

Beberapa penghulu biasanya akan memberikan khutbah yang berhubungan dengan kehidupan dan wejangan diselipkan dengan perintah agama.

4. Ijab Kabul

Ini adalah salah satu susunan acara akad nikah paling utama.

Ijab Kabul sendiri bisa dikatakan sebagai sesi puncak dalam acara akad pernikahan,

Dimana wali nikah dari mempelai perempuan akan menyerahkan tanggung jawabnya kepada calon mempelai laki-lakinya Bunda.

Dan sesi ini akan menjadi salah satu sesi yang sangat sakral dalam susunan acara akan nikah. Karena di sesi inilah wali nikah dari mempelai perempuan akan melepaskan putri mereka untuk bisa dinikahi.

Setelah akad pernikahan ini selesai, maka kedua mempelai ini sudah dinyatakan sah sebagai salah satu pasangan suami istri di hadapan agama dan hukum serta negara.

5. Doa Nikah

Setelah akad pernikahan selesai, maka penghulu akan mulai memimpin pembacaan dari doa untuk akad nikah sehingga pernikahan ini bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Baca Juga : Syarat Nikah Siri

Selain penghulu, biasanya doa untuk akad pernikahan ini juga bisa dibacakan oleh pemuka agama yang sudah di undang oleh keluarga mempelai. Atau bisa juga berasal dari pihak KUA. Semua tergantung kesepakatan Bunda.

6. Tanda Tangan Buku Nikah

Setelah sesi akad pernikahan selesai selanjutnya akan dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen pernikahan, dan termasuk juga buku nikah.

Dengan demikian maka keduanya bisa dinyatakan sah di mata hukum sebagai pasangan suami istri yang sah.

7. Melakukan serah terima mahar

Setelah selesai melakukan tanda tangan dokumen, saatnya untuk mempelai laki – laki menyerahkan maharnya kepada mempelai perempuan. Biasanya mahal ini akan diserahkan secara simbolis.

8. Tukar Cincin

Tidak berhenti di sana, Susunan acara akad nikah juga biasanya akan dilanjutkan dengan pemasangan cincin pernikahan di jari manis pasangannya. Lalu melakukan sisi foto bersama

9. Penutup

Acara akad pernikahan biasanya akan ditutup dengan pembacaan doa dari penghulu atau dari pemuka agama yang akan sudah di tunjuk.

Sekian artikel mengenai acara akad nikah dari awal sampai akhir semoga bisa menjadi referensi bagi sahabat yang akan melangsungkan pernikahan.

Baca Juga : Rukun Nikah

Jika pembahasa tentang 9 acara akad nikah yang sudah admin berikan ini bermanfaat jangan lupa untuk Bagikan artikel ini supaya semua orang mendapatkan manfaat yang sama Terima kasih.

Apa Reaksimu Tentang Artikel Ini
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Akad Nikah
You have reacted on“Lengkap, 9 Susunan Acara Akad Nikah Dari Awal S…” A few seconds ago
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!